Mahasiswa Unpad Raih Juara Pertama Di Kompetisi PR Campaign

Rianto dan Putri Salma Suhardi mahasiswa Unpad juara Retorikalbis 2018. (Foto: Unpad/Youngster.id)

youngster.id - Rianto dan Putri Salma Suhardi, mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara pada kompetisi “Retorikalbis 2018”.

Dalam kompetisi ini, Rianto dan Putri yang tergabung dalam Tim Astrajingga mengikuti kategori PR Campaign. Mereka membuat proposal dan poster destination branding dari tempat wisata tersembunyi yang ada di Indonesia.

“Kami awalnya membuat proposal dan poster mengenai destination branding Pantai Rancabuaya yang ada di Garut. Alhamdulillah, kami dinyatakan lolos ke final dan berhak mempresentasikan gagasan kami di hadapan dewan juri,” kata Rianto dalam siaran pers Humas Unpad Selasa (16/1/2018).

Lebih lanjut Rianto mengungkapkan, berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Garut, jumlah kunjungan wisatawan ke pantai Rancabuaya masih kalah jika dibandingkan dengan pemandian air panas di Cipanas maupun wisata pantai Santolo. Selain itu, pendapatan Pemkab Garut dari retribusi tiket masuk pantai Rancabuaya selalu berada di bawah target.

“Kami memilih Rancabuaya karena pantai itu sebenarnya memiliki potensi yang bagus jika dipromosikan lebih baik. Namun, jika melihat kondisi saat ini, pantai tesebut perlu diberi sentuhan branding yang terencana dan melibatkan banyak pihak dalam menyukseskannya,” tutur Putri.

Baca juga :   KST Unpad Jembatani Pelaku UMKM Bersaing Di Kancah Global

Tim Astrajingga menggagas pantai yang dijadikan lokasi syuting film Perahu Kertas ini sebagai tempat yang romantis dan penuh cinta. “Konon ‘kan di sana tuh dulunya banyak buaya. Jadi namanya Rancabuaya. Menurut penelitian, buaya itu adalah hewan yang setia. Jadi kita ingin pantai tersebut menjadi destinasi makhluk Tuhan yang setia,” tambah Rianto.

Dengan pemandangan matahari terbenam yang eksotis, pantai dan suasana yang indah, Tim Astrajingga mengusulkan pantai Rancabuaya menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Dengan potensi yang ada, kami ingin menjadikan siapapun yang datang ke Pantai Rancabuaya merasakan cinta. Tidak hanya cinta kepada sesama makhluk Tuhan, tapi juga kepada lingkungan dan kebudayaan yang ada di sana,” sambung Putri.

Selain PR Campaign, ada beberapa cabang perlombaan lainnya yang digelar di Retorikalbis 2018, yaitu lomba News Presenter, Vlog, TV Program, dan Documentary Expo. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himik) Kalbis Institute, di kampus Kalbis Institute, Jakarta Timur.

 

FAHRUL ANWAR