Makassar Tuan Rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan Program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR Indonesia sejak 2016 . (Foto: dok.Youngsters.id)

youngster.id - Sebagai salah satu kota dengan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia, kota Makassar terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Rencananya Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto akan membuka acara ini pada 11 Maret 2017, di kampus Universitas Hasanuddin.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan Program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR Indonesia yang bertujuan menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital demi mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia pada tahun 2020.

“Ekosistem startup di Makassar sudah mulai memperlihatkan bentuknya dalam hal komponen-kompenen pendukung dari ekosistem penunjangnya. Berbagai elemen seperti komunitas startup dan programmer, asosiasi dan profesional, institusi pendidikan, dan pemerintah setempat sudah sangat mendukung tumbuhnya ekosistem startup di Makassar” ungkap Rizky Kurniawan Suhyar Public Relations Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dalam siaran pers, Kamis (9/3/2017) tentang alasan dipilihnya Makassar sebagai salah satu kota tempat pelaksanaan even ini.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan menyapa Kota Makassar pada Ignition pertama di Universitas Hasanuddin pada 11 Maret 2017. Berbagai persiapan telah dilakukan KIBAR bersama Dinas Kominfo Makassar bersama mitra lokal lainnya untuk memaksimalkan semangat dan tujuan dari program ini.

Baca juga :   Bukalapak Lakukan PHK Untuk Cetak Keuntungan

Pada tahap pertama akan ada 200 peserta yang akan terpilih di setiap kota untuk mengikuti Ignition, sebuah seminar yang akan menginspirasi para peserta untuk membuat sebuah startup yang menyelesaikan masalah dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tahapan ini sangat penting bagi setiap calon pendiri startup untuk memahami pola pikir kewirausahaan sebelum memulai startup-nya masing-masing.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismalil Hajiali menyambut baik event berskala nasional ini.

“Ini kesempatan yang sangat baik untuk anak-anak muda kita. Salah satu misi Pemerintah kota Makassar yakni menciptakan entrepreneurship muda demi mendukung suksesnya program Makassar Sombere’ dan Smart City,” kata Ismail Hajiali.

Dia berharap dengan adanya program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini Makassar, dapat melahirkan pengusaha-pengusaha sukses yang kemudian menjadi jembatan bagi pengusaha pemula lainnya untuk sukses.

Untuk mendaftar sebagai peserta di event ini, cukup dengan mengisi form registrasi direg.1000startupdigital.id. Program ini terbuka untuk yang sudah ataupun belum memiliki ide, sudah atau belum memiliki tim, maupun yang sudah memiliki produk. Namun, jika ingin mendaftar dengan tim, semua anggota harus mendaftar secara individual, dan mengikuti program dari awal hingga akhir.

Baca juga :   Perkuat GrabFood, 50 GrabKitchen Akan Dibuka hingga Akhir Tahun

Sebagai salah satu syarat pendaftaran, semua peserta harus membuat sebuah video berdurasi maksimal dua menit, yang menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, beserta ide dan solusi yang akan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital. Video tersebut kemudian di-upload ke YouTube dengan menyertakan hashtag #1000startupdigital. Pendaftaran ditunggu sampai tanggal 10 Maret 2017.

Untuk mendapatkan keterangan lanjutan, para calon peserta juga bisa mendatangi posko Pertolongan Pertama Pada (yang) Kebingungan (P3K) yang tersedia disejumlah tempat yakni, Rumah Software Indonesia Makassar Technopark (Kantor Dinas Kominfo Makassar) jalan Andi Pangeran Pettarani No.62, AIESEC Unhas, jalan Borong Raya Perumahan Graha Janna Land Block C No.14, Meethup Hangout Point, jalan kebahagiaan Utara, Blok A BTP.

“Untuk mengikuti gerakan ini tidak hanya untuk mereka yang merupakan seorang programmer dan designer saja. Kami juga mengajak rekan-rekan dari segala bidang seperti kedokteran, pertanian, komunikasi, bahasa dan lainnya untuk turut mengikuti gerakan ini. Saya yakin industri startup Makassar dapat berkembang pesat dan menopang perekonomian Makassar dan Indonesia,” tutup Rizky.

Baca juga :   MDI Ventures Incar Startup High-growth di Asia Tenggara dan Silicon Valley

STEVY WIDIA