Medan Jadi Kota Ke 10 Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital merupakan Program besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama KIBAR Indonesia sejak 2016 . (Foto: dok.Youngsters.id)

youngster.id - Pertumbuhan startup di Medan telah menggerakan perekonomian daerah Sumatera Utara. Untuk itu Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital akan digelar di Medan, Sumatera Utara. Tahap awal, kegiatan ini dimulai dengan program Ignation yang akan digelar di Aula Farmasi, Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sabtu 25 Maret 2017.

“Medan menjadi kota ke-10 yang dijadikan Kemenkominfo-KIBAR untuk mensosialisasikan Gerakan Nasional 1000 Starup Digital yang merupakan bentuk pergerakan baru di industri digital di Indonesia bahkan dunia,” kata Rizky Kurniawan Public Relation Kibar Kreasi Indonesia dalam siaran pers, Kamis (23/3/2017).

Dia menjelaskan, ignition adalah sesi seminar yang bertujuan untuk menanamkan pola pikir entrepreneurship bagi mereka yang mau memberikan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi banyak orang. “Bagaimana berkolaborasi, melihat masalah sebagai peluang serta membangun ide menjadi bisnis,” ucapnya.

Bentuk kegiatannya berupa seminar dengan menghadirkan beberapa pembicara yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif maupun startup.

Antara lain Yansen Kamto (Chief Executive KIBAR), Leonika Sari (CEO Reblood), Andreas Senjaya (CEO iGrow), Kristupa Saragih (Founder Fotografer.net) dan Thomas Diong (Chief Product & Data Officer Sale Stock)

Baca juga :   Generali Perkenalkan Industri Asuransi pada Generasi Muda

“Melalui program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, para anak muda Kota Medan dapat catch up dalam permainan industri startup digital Indonesia,” katanya.

Medan dipilih sebagai salah satu tuan rumah Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital karena memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Sumut yang meningkat dari tahun ke tahun. Untuk kegiatan di Medan, Kibar-Kemenkominfo menggandeng Tech Valley, dan Clapham Collective Medan.

Sebelum di Medan, gerakan itu sudah dilakukan di sembilan kota lainnya, yakni Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Makassar, Denpasar dan terakhir Pontianak.

STEVY WIDIA