Mencari Solusi Digital untuk Problem Sosial Melalui Global Hackathon Series 2018

XL Axiata bekerjasama dengan AngelHack menggelar kompetisi Global Hackathon Series 2018 (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sebagai upaya mencari solusi yang bisa membantu memecahkan problem sosial dan lingkungan di masyarakat, hingga problem enterprise, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerjasama dengan AngelHack menyelenggarakan “Global Hackathon Series 2018”.

Kompetisi pengembangan piranti lunak yang digelar 4-5 Agustus 2018 di Jakarta itu membidik kaum difabel menjadi salah satu target audiens agar turut berpartisipasi dalam sumbangsih ide di bidang kemajuan teknologi digital melalui acara ini.

“Tujuan dari penyelenggaraan Global Hackathon Series 2018 ini sangat sesuai dengan visi XL Axiata untuk ikut aktif menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Kami sama-sama ingin masyarakat, siapa pun mereka dengan latar belakang ekonomi dan sosial apapun, bisa ikut memanfaatkan kemajuan teknologi digital guna meningkatkan kualitas hidup mereka. Melalui ajang ini, kami berharap akan bisa tercipta suatu solusi digital yang bisa menjadi sarana bagi banyak segmen tak terkecuali kaum difabel guna menunjang aktivitas kesehariannya secara produkif,” ujar Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communication XL Axiata.

Baca juga :   Danamon Gunakan Talend untuk Percepat Transformasi Digital

Global Hackathon Series 2018 ini diikuti oleh 150 peserta yang merupakan para pengembang software, desainer, entrepreneur, dan publik dari berbagai latar belakang yang berasal dari sejumlah kota.

Selama dua hari, 4-5 Agustus 2018, mereka akan secara marathon mencoba mengembangkan ide-ide mereka sehingga bisa menjadi suatu solusi digital. Sebagai Supporting Partner AngelHack di Indonesia, XL Axiata memasilitasi ajang ini selain dengan menyediakan tempat, salah satu managemen XL menjadi juri kompetisi. Termasuk memberikan akses internet secara penuh.

Solusi-solusi terbaik yang lahir dari ajang di Jakarta ini selanjutnya akan diikusertakan dalam Hackcelerator Program, yaitu program inkubasi untuk implementasi ide-ide para pemenang. Hackcelerator akan diadakan selama 12 minggu melalui virtual accelerator. Setelah itu tim terbaik akan diterbangkan ke San Francisco, Amerika Serikat untuk mengikuti Global Demo Day dimana mereka akan dipertemukan dengan para pelaku industri digital di tingkat global.

Sejatinya, Global Hackathon Series 2018 di Jakarta ini merupakan bagian dari rangkaian ajang sejenis yang diselenggarakan di seluruh dunia dan diinisiasi AngelHack yang bekerjasama dengan Code For A Cause, sebuah lembaga nirlaba asal Amerika Serikat yang aktif memperjuangkan kesetaraan teknologi untuk masyarakat dunia.

Baca juga :   XL Axiata – Holcim Kerja sama Majukan UMKM

AngelHack adalah sebuah organisasi bertujuan untuk mendorong penciptaan lingkungan inklusif dan teknologi yang berkeadilan serta berdampak baik didalam maupun diluar Silicon valley.

Dalam menyelenggarakan event ini, selain AngelHack, XL Axiata juga bekerjasama dengan Ayobaca.in, suatu lembaga pegiat program-program keperdulian bagi penyandang tunanetra. Pendiri dan penggerak lembaga ini merupakan alumni dari program XL Future Leaders, yang juga diinisiasi oleh XL Axiata. AyoBaca.in akan mengirimkan 20 peserta dengan disabilitas untuk diikutsertakan dalam kompetisi ini.

 

FAHRUL ANWAR