Mfun dan Agate Gelar Kompetisi Pengembangan Game ‘Make It Fun’ 2018

Mfun, Agate, dan AGI gelar kompetisi pengembang game. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Mfun, platform blockchain reward system terkemuka, bekerja sama dengan, pengembang game terdepan di Indonesia, Agate, akan menggelar kompetisi pengembangan game ‘Make It Fun’ 2018. Ajang ini diperuntukkan bagi siswa dan pengembang game di seluruh Indonesia.

Brian Fan, Co-founder Mfun menuturkan, kompetisi yang didukung sepenuhnya oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) ini diharapkan dapat menjadi movitasi bagi para perancang dan pengembang game masa depan Indonesia dalam berkarya. Sekaligus menjadi wadah yang tepat untuk hasil karya mereka ke publik.

“Gelaran kompetisi pengembangan gim ‘Make It Fun’ 2018 ini merupakan penegasan komitmen kami kepada bangsa Indonesia. Kami membuka kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda Indonesia untuk turut berpartisipasi secara aktif di kancah pengembangan game nasional, sekaligus mengasah kemampuan mereka dalam mendesain dan menciptakan game,” kata Brian dalam keterangannya, Senin (27/8/2018) di Jakarta.

Sejak pendaftaran dibuka lebih dari sebulan lalu, Mfun dan Agate sudah menerima lebih dari 200 pendaftar kompetisi. Pendaftaran kompetisi yang ditutup 31 Oktober 2018 ini akan menyediakan total hadiah senilai ratusan juta rupiah. Batas akhir penyerahan gim adalah 30 April 2019. Hampir dari keseluruhan sesi dari kompetisi ini akan dilangsungkan secara online. Peserta yang berhasil menjadi pemenang akan diundang untuk mengunjungi Agate di Bandung.

Baca juga :   Deklarasi Kehendak RI-Australia Untuk Ekonomi Kreatif

“Kami bangga dapat turut mendukung tim-tim pengembang gim independen yang selama ini masih membutuhkan banyak dukungan mewadahi agar dapat berkarya lebih tinggi lagi. Kami juga bangga dapat ikut mendorong antusiasme para pengembang gim masa depan Indonesia dalam mengasah kemampuan dan kepiawaian mereka di dunia digital. Kami berharap, kompetisi ini akan melahirkan talenta-talenta baru dengan kreativitas yang melampaui batas imajinasi,” lanjutnya.

Narendra Wicaksono, Ketua Asosiasi Game Indonesia (AGI) menuturkan, geliat industri game nasional menghadirkan beragam tantangan baru serta dampak tersendiri yang perlu segera diantisipasi oleh seluruh stakeholder terkait. Mulai dari bagaimana mencari solusi yang tepat sasaran, mencari formula jitu dalam mengembangkan talenta-talenta baru dan fasilitas yang memadai, serta mendukung terbangunnya regulasi dan atmosfer industri yang mendukung.

“Kompetisi pengembangan game ‘Make It Fun’ 2018 yang diusung oleh Mfun bersama dengan Agate merupakan wujud komitmen mereka yang tinggi dalam mendukung dicetaknya talenta-talenta baru, sekaligus wadah untuk mengasah kemampuan peserta dalam hal pengembangan game,” katanya.

Baca juga :   Digital Marketing Promosi Pariwisata Saat Ini

Sementara itu Arief Widhiyasa, CEO Agate menambahkan,“Mfun dan Agate percaya bahwa upaya ini akan mampu mendorong munculnya pengembang game baru di kancah nasional. Ia berharap bahwa kompetisi ini juga bisa menjadi pendorong tumbuhnya kreativitas dan produktivitas di antara para pengembang game nasional.

“Melalui kompetisi ini, kami juga berharap dapat memberi motivasi sekaligus membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pengembang gim lokal agar makin dikenal luas dan diperhitungkan di kancah industri nasional,” tegasnya.

Sebelum memasuki tenggat yang ditentukan, peserta diharapkan sudah mengirimkan beberapa screenshot, deskripsi gim secara tertulis, playable build, serta video gameplay dari game yang telah mereka buat. Di akhir kompetisi, seluruh peserta dan finalis akan memperoleh sertifikat kepesertaan yang dikeluarkan bersama-sama oleh Mfun, Agate, dan AGI. Seluruh pemenang akan mendapatkan Mfun token dari Mfun dengan nilai tertentu, dan akan berkesempatan untuk memasang game yang mereka buat di platform Mfun untuk diujicoba.

STEVY WIDIA