Modalku-Askrindo Kolaborasi Berdayakan UMKM

Modalku, yang didukung 150 tim, telah berhasil mencapai total pencairan pinjaman modal usaha lebih dari Rp 1,4 Triliun bagi lebih dari 3.000 pinjaman UMKM dengan wilayah jangkauan adalah Jabodetabek, Bandung dan Surabaya. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mendapatkan pola pembiayaan dari industri financial technology (fintech) perusahaan fintech PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) bekerjasama. Langkah ini sekaligus memberi perlindungan konsumen.

Kolaborasi Modalku dengan Askrindo akan menciptakan ekosistem keuangan yang lebih sehat, yaitu dengan meningkatkan standar perlindungan konsumen untuk pengguna teknologi finansial.

“Tujuannya untuk memitigasi risiko gagal bayar serta merealisasikan manfaat hadirnya teknologi pada industri keuangan bagi para pemberi pinjaman atau lender dalam rangka memberdayakan UMKM di Indonesia,” kata Iwan Kurniawan Co-Founder & COO Modalku dalam siaran pers di Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Menurut Iwan, sebagai penanggung risiko, Modalku dan Askrindo memberikan akses permodalan dan tingkat kepercayaan industri keuangan kepada pelaku UMKM diharapkan makin baik serta tumbuh dan berkembang.

Menurut dia mewujudkan mitigasi risiko bagi pemberi pinjaman merupakan implementasi dari masukan pengguna Modalku sendiri.
Sementara itu, Direktur Operasional Ritel Askrindo, Anton Fadjar A Siregar mengatakan, tahap awal kerja sama ini objek pertanggungan yang dicover oleh Askrindo adalah KMK Project Financing berbasis Invoicing (pre- financing dan post-financing).

Baca juga :   Semarakkan Kampanye #DOYOU, PUMA Gandeng GuavaPass

“Askrindo akan memberikan ganti rugi kerugian yaitu pada sisa pokok pinjaman,” ujar Anton.

Modalku adalah platform peer-to-peer lending terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di Asia Tenggara, Modalku beroperasi di Indonesia, juga di Singapura dan Malaysia di bawah nama Funding Societies. Di Indonesia, saat ini Modalku melayani wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya.

Secara hukum, Modalku terdaftar di OJK sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan memiliki misi memajukan ekonomi Indonesia dengan mendukung pertumbuhan UMKM melalui kegiatan pinjam meminjam langsung.

STEVY WIDIA