Moladin Raih Pendanaan US$1,2 Juta

Moladin startup yang didirikan Jovin Hoon dan Mario Tanamas, memberikan solusi dalam proses pembelian motor. (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Moladin, platform motor online pertama dan terbesar di Indonesia, mendapatkan suntikan dana segar sebesar US$ 1,2 juta atau sekitar Rp 17,1 miliar dari East Ventures, Berjaya Group dan Ethos Partners. Dana tersebut akan digunakan Moladin untuk mengembangkan bisnisnya ke wilayah Indonesia lainnya.

Sejak diluncurkan pada November 2017, Moladin telah bermitra dengan lebih dari 40 dealer dan beberapa perusahaan leasing terbesar di Indonesia. Moladin juga mengalami pertumbuhan penjualan yang fenomenal sebesar 20-30% setiap bulannya dengan total nilai transaksi lebih dari US$ 1 juta.

“Sebelum adanya Moladin, pembelian sepeda motor yang dilakukan secara konvensional sangat memakan waktu dan rumit. Rata-rata konsumen harus membuat 2-3 kali kunjungan ke dealer untuk mendapatkan motor yang diinginkan. Kemudian dilanjutkan dengan proses pembelian yang memakan banyak waktu dan rumit, mulai dari transaksi pembayaran hingga registrasi nomor plat. Inilah mengapa kehadiran Moladin dapat disambut baik masyarakat. Dan kami melihat sendiri bagaimana kemudahan yang dirasakan konsumen saat membeli sepeda motor baru melalui platform Moladin telah mendorong tingkat pertumbuhan yang pesat,” kata Jovin Hoon, Co-Founder Moladin dalam keterangannya, Rabu (11/7/2018) di Jakarta.

Baca juga :   MEMBER.ID Peroleh Pendanaan Awal Dari East Ventures

Jovin turut mengungkapkan bahwa faktor lain yang mendorong pertumbuhan Moladin adalah adanya diskon besar yang ditawarkan. “Pertumbuhan kami yang cepat menunjukkan validasi yang kuat atas apa yang kami sedang bangun. Kami sangat bersemangat dengan perjalanan kami ke depan untuk terus mengembangkan Moladin,” katanya lagi.

Moladin didirikan oleh Jovin Hoon dan Mario Tanamas, untuk memberikan solusi dalam proses pembelian motor. Mereka memiliki visi menjawab segala kebutuhan setiap biker Indonesia dan mengubah industri sepeda motor dengan memberikan kemudahan untuk konsumen untuk membeli motor tanpa harus datang ke setiap dealer. Seluruh transaksi hanya melalui smarphone.

Willson Cuaca selaku Managing Partner East Ventures mengungkapkan, Moladin melancarkan proses pembelian sepeda motor dengan bekerja sama dengan jaringan dealer dan pemodal. Pembeli potensial tidak harus bepergian jauh dan menunggu lama untuk membeli sepeda motor.

“Kami melihat bagaimana volume penjualan Moladin pada Mei 2018 telah meningkat tiga kali lipat sejak awal Januari. Ini menunjukkan kepercayaan pelanggan yang terus meningkat dalam membeli sepeda motor melalui Moladin. Masih banyak ruang untuk bertumbuh di industri sepeda motor. Kami percaya bahwa model bisnis mereka akan mendominasi pasar dengan semakin banyaknya orang yang merasa nyaman untuk membeli sepeda motor secara digital,” kata Wilson.

Baca juga :   Bitcoin.co.id Raih Pendanaan dari East Ventures

Selain melayani pembelian motor, Moladin juga memiliki berbagai fitur lain di platform online mereka yang dapat memenuhi kebutuhan para bikers . Dimulai dari direktori bengkel online untuk membantu bikers menemukan bengkel servis terdekat, sebuah forum untuk konsumen berdiskusi seputar sepeda motor dan juga fitur Spare Part, Apparel, dan Perawatan (SAP) bagi bikers member untuk memberi ulasan seputar suku cadang dan apparel.

 

STEVY WIDIA