youngster.id - Perusahaan layanan otomotif dan suku cadang on-demand Montir.id, mengumumkan telah meraih pendanaan Seri A dari East Ventures. Investasi tersebut akan digunakan untuk mempercepat misi startup ini menjadi solusi ‘satu atap’ terbaik untuk kebutuhan servis otomotif.
Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures mengungkapkan, Indonesia memiliki lebih dari 1290 juta kendaraan di Jalan (80$ sepeda motor dan 20% mobil). Dan masalahnya adalah mereka membutuhkan layanan otomotif berkualitas tinggi yang lebih cepat dan murah.
“Montir memecahkan masalah inefisiensi dalam industri otomotif yang sedang tumbuh. Para pendiri berhasil menunjukkan kemampuan mereka dalam memberikan layanan otomotif berkualitas tinggi yang lebih cepat dan lebih murah di lokasi manapun. Kami percaya bahwa Montir siap untuk membawa industri jasa otomotif ke tingkat berikutnya.,” kata Wilson dalam siaran pers, Rabu (4/7/2018) di Jakarta.
Montir.id didirikan oleh Mikhail Laurus dan Dennis Eka Putra pada tahun 2016 dengan misi untuk menciptakan inovasi dalam industri otomotif dengan mengaplikasikan teknologi untuk membentuk proses servis kendaraan yang lebih sederhana dan nyaman.
Mereka mendapati di Jakarta sendiri, pasar perbaikan kendaraan (tidak termasuk reparasi bodi kendaraan) diperkirakan mencapai USD 1 miliar per tahunnya. Dan bagi banyak orang, melakukan servis kendaraan merupakan sebuah beban tersendiri oleh karena proses yang panjang dan tidak efisien, menjadikan pelanggan harus menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari, hanya untuk mengantri dan memperbaiki mobil.
Seiring dengan pertumbuhan e-commerce yang cepat, Montir menyadari banyak pemilik mobil menginginkan solusi mobil ‘satu atap’, dimana mereka dapat menghemat waktu dan uang tanpa mengorbankan kualitas layanan.
Mikhail, Co-Founder dari Montir mengatakan Montir.id berusaha untuk menjadi solusi itu. “Mendapatkan harga serta kualitas terbaik selalu menjadi tantangan di industri otomotif. Jika pemilik mobil pergi ke bengkel resmi, kualitasnya akan sangat baik tetapi harganya sangat tinggi. Jika pergi ke bengkel tidak resmi, tentu harganya akan lebih murah. Tetapi kualitas layanannya dipertanyakan. Kami hadir dan memberikan yang terbaik dari keduanya,” ucapnya.
Dia juga mengungkapkan, proses pemesanannya pun sangat sederhana. Pelanggan hanya perlu membuka website kami, tuliskan masalah mobil apa yang mereka hadapi dan memilih jadwal untuk konsultasi. Penasihat layanan kami kemudian akan datang untuk memeriksa mobil dan memberi saran layanan atau suku cadang apa yang perlu dibeli pelanggan. “Setelah disetujui, kami akan kirim suku cadang tersebut serta tenaga ahli untuk melakukan servis mobil di lokasi mereka,” ujar Mikhail.
Dennis, Co-founder dari Montir mengatakan, melalui platform ini masyarakat akan menghemat banyak waktu dengan tidak pergi ke bengkel dan meninggalkan mobil di sana selama beberapa hari.
“Kami bangga menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang dapat melakukan perbaikan skala berat dan penggantian suku cadang di rumah pelanggan dan bukan bengkel. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan berbagai suku cadang dengan tingkat kualitas berbeda-beda untuk memenuhi anggaran pelanggan, mulai dari kualitas asli, suku cadang aftermarket , hingga suku cadang bekas,” ungkap Dennis.
STEVY WIDIA
Discussion about this post