NextIcorn Summit Ajang Pertemuan Startup dan Investor

Event NextIcorn Summit. (Foto: istimewa)

youngster.id - Yayasan Nexticorn kembali menggelar NextIcorn Summit 2019. Event tersebut bertujuan untuk mempertemukan para pelaku startup Indonesia dengan para investor untuk mendapatkan pendanaan selanjutnya yang lebih besar.

Nexticorn sendiri merupakan komunitas yang diperuntukkan bagi 40-50 startup baru Indonesia dengan profil fundraising melebihi US$100.000. Dengan pendanaan yang lebih besar dari investor dari berbagai negara, diharapkan dapat membuat startup menjadi lebih besar, bahkan menjadi Unicorn berikutnya.

“Nexticorn sendiri dibentuk untuk menjembatani bagi para Startup di Indonesia untuk mendapatkan pendanaan lanjutan dari modal ventura. Berbagai keuntungan bergabung dengan komunitas ini, diantaranya mengikuti event seperti Nexticorn Summit, training ke startup, memperjuangkan sertifikasi untuk Venture Capital (VC) dan Startup, serta melakukan lobi ke regulator meliputi pemerintah, OJK, Kominfo dan regulator lainnya,” papar Eddi Danusaputro, CEO PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) dalam keterangannya, Selasa (21/5/2019) di Jakarta.

NextIcorn Summit 2019 bakal digelar 25 Juli 2019 di Bali. Menurut Eddi, melalui kegiatan ini diharapkan baik Startup dan VC yang tergabung bisa bersama-sama punya jalur decision maker. Tidak hanya ke VC lokal dan konglomerat di Indonesia, tapi juga kepada VC di luar negeri.

Baca juga :   Ruangguru Luncurkan Aplikasi Bagi Orang Tua Murid

Menurut Eddi di luar sana banyak VC yang dapat dimanfaatkan oleh para startup. Sebagai pengelola yayasan, pihaknya selalu berusaha untuk mengajak kepada para investor untuk mau berinvestasi ke startup Indonesia. Dengan syarat anggota harus berkomitmen untuk mengikuti kegiatan, memanfaatkan kesempatan untuk terus berlajar.

“Supaya ekosistem startup Indonesia tumbuh sehat, dengan demikian VC juga sehat,”  ujarnya.

Sementara, Donald Wihardja Partner di Convergence Ventures dan Board di Nexticorn menambahkan, NextIcorn, merupakan salah satu juga ada kegiatan yang sangat menguntungkan pesertanya. Kegiatan yang sama juga digelar tahun sebelumnya dan telah sukses mempertemukan beberapa startup mendapatkan pendanaan.

Di tahun 2017, total pendanaan VC di Indonesia mencapai US$4 miliar, dan akan terus bertambah. Sementarra investor yang terlibat dalam kegiatan tersebut, 20% memberikan pendanaan di bawah US$1 miliar, 55% dengan pendanaan US$1-5 miliar, dan 25% memberikan dana di atas US$5 miliar.

Selanjutnya untuk mempersiapkan event NextIcorn Summit, saat ini para startup yang tergabung diminta untuk mempersiapkan prospektus. Dengan demikian para calon investor dapat mengerti bisnis yang dijalankan dan sudah sampai di level mana.

Baca juga :   Startup Indonesia Harus Punya Daya Saing Global

“Prospektus itu akan sangat membantu untuk mendapatkan investor, karena ada data sebelum event dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Donald.

STEVY WIDIA