Nexticorn Targetkan Punya Satu Startup Unicorn Baru di 2019

Menkominfo Rudiantara pada Nexticorn Excellency Dinner di Jepang. (Foto: Kominfo/youngster.id)

youngster.id - Program Next Indonesia Unicorn (Nexticorn) merupakan sebuah inisiatif yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO), dan Ernst & Young. Ditargetkan aka nada startup unicorn baru di tahun 2019.

Menkominfo Rudiantara mengatakan program tersebut bertujuan mempertemukan para startup yang telah mendapat pendanaan tahap awal dengan para investor yang berpotensi memberikan pendanaan lanjutan. Dengan begitu, akan makin besar peluang mereka menjadi startup Unicorn (mempunyai valuasi di atas US$1 miliar alias Rp15 triliun.

“Dengan acara seperti ini, kami menargetkan untuk bisa melahirkan satu startup Unicorn baru di Indonesia pada tahun 2019 mendatang,” kata Rudiantara yang dilansir Kominfo baru-baru ini.

Menkominfo ini meramalkan startup Unicorn yang akan lahir tersebut mungkin akan hadir dari bidang fintech, healthtech, atau edutech.

“Fintech karena bisnis tersebut sedang sangat ramai sekarang. Sedangkan untuk edutech dan healthtech, karena ada sebagian APBN yang memang dialokasikan untuk kedua bidang tersebut, masing-masing 20 dan 5 persen,” jelasnya.

Baca juga :   E-Commerce Paling Efektif Sediakan Lapangan Kerja

Dan pada acara Nexticorn kali ini berhasil menghadirkan lebih dari 70 startup, serta sekitar 122 investor yang berasal dari 88 perusahaan modal ventura (VC). Para investor tersebut berasal dari tiga belas negara.

“Kami sengaja membatasi jumlah negara tersebut, agar bisa fokus menggaet investor yang benar-benar berniat untuk berinvestasi di tanah air,” kata Menkominfo itu.

Untuk mengukur kesuksesan acara ini, Menkominfo mengaku terus memantau jumlah pertemuan tatap muka antara investor dan founder startup yang terjadi. Ada sekitar 3.480 pertemuan yang dijadwalkan hingga akhir acara. Angka tersebut naik dari acara serupa pada Mei 2018 yang hanya sekitar 2.024 pertemuan.

Sementara itu Ridzki Syahputera, Lead Coordinator Nexticorn Roadshow Calendar, menyatakan program Nexticorn tidak hanya sebatas event yang telah diadakan sebanyak dua kali di tahun ini. Menurutnya, Nexticorn dirancang untuk menjadi sebuah platform yang bisa menghubungkan para investor dan founder startup sepanjang tahun.

“Di luar acara, ada beberapa investor yang menghubungi kami untuk bertemu dengan startup potensial di tanah air. Kami terbuka dan bisa membantu mereka dalam hal itu,” ujar Ridzki.

Baca juga :   LINE Hadirkan Ragam Fitur Menarik Selama Ramadhan

 

STEVY WIDIA