Nimby-Nimble Robot Melompat dari STEI ITB

Tim pembuat robot Nimby dari STEI ITB. (Foto: istimewa)

youngster.id - Teknologi robot terus mengalami perkembangan. Berbagai inovasi dan kreativitas pun lahir termasuk dari tim mahasiwa Program Studi Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB yang menciptakan robot yang dapat melompat sehalus gerakan manusia.

Tim yang terdiri dari Nur Triejunita, I Made Arisanti Jonathan dan Shaffiyah Novel menamakan robot itu Nimby-Nimble Actuator With Active Complience atau robot Nimby. Ini diklaim sebagai robot pertama yang bisa melompat dengan halus.

“Robot ini diciptakan dengan tujuan supaya pergerakan sang robot tidak terlihat kaku atau encok-encok. Sehingga proses melompatinya pun seperti layaknya manusia yang diawali dengan posisi setengah berdiri lalu melompat dan mendarat dengan gaya Serengan berdiri dan kembali bergerak,” jelas Shaffiyah melalui keterangan pers ITB Senin (26/8/2019).

Sesungguhnya karya ini belum menjadi sebuah robot utuh satu tubuh. Nimby baru merupakan robot yang berbentuk kaki yang memiliki tampilan sangat sederhana dan dibuat hanya terfokus pada gerakan.

Menurut Shaffiyah, proses pembuatan Niby merupakan hal yang sulit dan panjang. Berbagai paper sudah dibaca dengan seksama demi menyempurnakan robot Nimby. Robot yang bisa melompat ini juga menjadi salah satu karya yang ditampilkan di acara Electrical Engineering Saya 2019 pada 5-7 Agustus 2019 di Aula Timur ITB.

Baca juga :   Bukalapak Adopsi Solusi Cloud Untuk Pengelolaan Keuangan dan Talenta

“Kami membuat Nimby ini hanya terdiri dari satu dan dua kaki saja. Kedepan kami berencana membuatnya menjadi 4 kaki yang lengkap. Sehingga, selain bisa melompat dengan halus, robot ini juga bisa berlari layaknya hewan yang sedang berlari,” pungkas Chessa.

FAHRUL ANWAR