youngster.id - Hasil survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menunjukkan, omzet 55% mitra meningkat setelah bergabung dengan Go-Food.
Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C K Walandouw mengungkapkan, kenaikkan omzet ini ditopang oleh meluasnya pasar mitra. Aplikasi Gojek telah diunduh 142 juta kali di Indonesia. Makanan dan minuman mitra pun bisa dipesan oleh pengguna Gojek, sepanjang jaraknya kurang dari 25 kilometer.
“Peningkatan klasifikasi omzet usaha ini menunjukkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergabung dengan Go-Food mengalami perluasan pasar dan naik kelas,” ungkap Paksi dalam keterangannya, Selasa (23/4/2019) di Jakarta.
Survei LD FEB UI pun menunjukan, 92% responden menilai layanan aplikasi manajemen mitra Go-Food memudahkan. Sebab, teknologi di aplikasi ini memberikan informasi pesanan kepada mitra sebelum mitra pengemudi Gojek datang. Aplikasi ini juga memberi keleluasaan mitra untuk mengubah menu, harga, foto, dan jam operasional secara mandiri.
Sebanyak 92% responden bergabung dengan Go-Food karena adanya layanan Go-Pay. Lalu, 87% responden bergabung karena menilai teknologi keamanan Go-Food canggih. Kemudian 79% responden mau menjadi mitra Go-Food karena adanya layanan pencatatan transaksi secara digital. Karena itu, 85% responden menginvestasikan kembali pendapatannya dari Go-Food untuk mengembangkan bisnis mereka.
“Dengan omzet mitra Go-Food yang meningkat dan menginvestasikan kembali pendapatannya, kontribusi UMKM mitra Gojek bisa terus membesar dari tahun ke tahun,” kata Pasik.
Gojek membangun ekosistem untuk mengembangkan bisnis UMKM. Salah satu caranya, dengan menyediakan layanan dari hulu ke hilir untuk keperluan UMKM. Berdasarkan survei UI, mitra Go-Food berkontribusi Rp 6,9 triliun Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, pada 2017. Kontribusi meningkat menjadi Rp 18 triliun pada 2018. Secara keseluruhan, LD FEB UI mencatat Gojek berkontribusi Rp 44,2 triliun terhadap perekonomian nasional pada tahun lalu.
STEVY WIDIA
Discussion about this post