Oona TV Kini Punya 150 Chanel dan Lebih dari 1 juta Pengunduh

PT Metranet menghadirkan layanan OTT Oona TV di Indonesia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - OONA merupakan aplikasi mobile inovatif dengan tagline “Free, Rewarding, Fun”. Dalam layanannya, OONA menawarkan tayangan TV lokal maupun internasional, serta konten-konten Video-on-Demand(VOD) yang dapat dinikmati penggunanya secara gratis. Saat ini telah lebih dari 1 juta pengguna aplikasi ini.

“Ini membuktikan bahwa OONA dipercaya sebagai platform menonton tv yang bisa memberikan value kepada para pemilik konten dan tentunya juga bagi pengguna. Fitur-fitur yang kami hadirkan tidak saja menjadikan OONA mampu menghadirkan solusi tayangan siaran TV maupun VOD, namun OONA mampu menjadi enabler terselenggaranya ekonomi berbagi,” ujar Widi Nugroho, Direktur Utama PT Metra-Net (Metranet) dalam keterangannya, Senin (29/10/2018) di Jakarta.

Belum lama ini Metranet telah melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh beberapa content partner, antara lain Antara TV, Muvinow, Bali TV, Sequilla, dan Cumi-Cumi. Dengan kerja sama ini, melengkapi total channel OONA menjadi lebih dari 150.

Menurut Widi, antusiasme masyarakat dalam menyambut kehadiran OONA tak lepas dari tingginya relevansi antara values, manfaat, serta keunggulan OONA dengan tren kebutuhan dan gaya hidup generasi digital saat ini.

Baca juga :   SMESCO Dukung Wirausaha Sosial

Dari data yang dimiliki OONA, konsumsi generasi Y dan Z terhadap tayangan televisi untuk mendapatkan informasi dan hiburan ternyata masih menduduki posisi teratas meskipun tren mengakses melalui perangkat TV menunjukkan penurunan.

Menariknya, menurunnya tren tersebut dibarengi dengan naiknya tren pemanfaatan internet dalam aktivitas keseharian mereka. Generasi Y dan Z mengakses internet dengan beragam tujuan, seperti untuk bersosial media, mencari peluang kerja, membaca berita, hingga menonton siaran televisi secara streaming, dan melihat iklan-iklan untuk mencari produk-produk menarik.

Dua temuan terakhir tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan menarik bagi dunia usaha dalam menggunakan OONA sebagai media untuk berpromosi. Mengenai perangkat yang digunakan untuk berselancar di dunia maya, penggunaan Smartphone dan Tablet berada di peringkat pertama, disusul dengan notebook, dan terakhir adalah penggunaan komputer desktop. Ini selaras dengan fakta lainnya yang menegaskan bahwa generasi milenial adalah generasi yang praktis dan tidak mau repot.

“OONA memiliki pendekatan unik yang mampu menghubungkan kepentingan pengguna, merchants, maupun dunia usaha,” ujar Setyo Budianto, Direktur Pengembangan Bisnis Metranet.

Baca juga :   Biokuping, Plastik Dari Kulit Pisang

Ke depannya, Metranet berencana menggandeng Telkomsel untuk berkolaborasi dalam meningkatkan trafik data dalam mengakses konten video. Sebagai langkah lanjutan dari strategi tersebut, nantinya OONA akan bisa dinikmati melalui paket video dari Telkomsel yaitu paket VideoMAX.

Pada kesempatan yang sama, M. Jafar Sidiq, Kepala Redaksi Antara TV, selaku salah satu penyedia konten di OONA, menyambut baik konsep agregasi konten seperti yang ditawarkan OONA.

“Ini (agregasi konten) memperluas jaringan distribusi dan branding kami, sehingga pada akhirnya turut mendorong pertumbuhan bisnis Antara TV,” ujar Jafar.

STEVY WIDIA