youngster.id - Belanja online mulai menjadi bagian dari kegiatan keseharian orang Indonesia. Menariknya, dalam sejumlah survey didapati bahwa orang Indonesia itu suka berbelanja di hari dan waktu kerja.
Seperti temuan dari iPrice yang merupakan layanan perbandingan item antar toko online dan kupon belanja. Dari hasil survey didapati bahwa, waktu berbelanja paling fatorit adalah pada pukul 11 pagi dan conversion rate paling tinggi di hari Rabu.
” Dari jumlah sample order yang kami kumpulkan di Indonesia jumlah pengunjung e-commerce itu paling tinggi terjadi dari pukul 10 pagi- 5 sore, bisa dibilang di waktu kerja. Dan puncak paling tinggi orang melakukan pemesanan barang adalah pada jam 11 siang. Dan conversion rate paling tinggi terjadi di hari Rabu, 12% lebih tinggi daripada hari lain,” ungkap Andrew Prasatya, Senior Content Marketer iPrice Group, baru-baru ini di Jakarta.
Menurut dia, pada hari Minggu, conversion rate di Indonesia turun 30% lebih rendah dari dasar CR di minggu itu.Berbeda degnan Singapura yang waktu belanja favorit di malam hari dan akhir pekan.
“Pada saat akhir pekan, jumlah persentase orang yang berkunjung ke situs e-Commerce di Indonesia didominasi oleh pengguna smartphone. Inilah kenapa conversion rate di Indonesia lebih rendah saat weekend. Sebab orang lebih banyak mengunjungi toko online lewat mobile phone, sementara conversion rate mobile phone jauh lebih rendah dari desktop,” jelas Andrew.
Selain itu meksi jumlah trafik pengguna mobile terlihat meroket di Indonesia, namun tidak diringi tingkat konversi yang sebanding. Justru masyarakat Indonesia lebih suka melakukan transaksi onlne melalui desktop dibandingkan mobil.
“Nilai tingkat konversi dari trafik desktop 20% lebih besar dibandingkan dengan dari mobile,” ujarnya.
iPrice bermitra dengan lebih dari 1000 e-commerce di Asia Tenggara. Dan temuan ini merupakan hasil dari jutaan sample data yang dikumulkan dari kuartal 3 2016 hingga kuartal kedua 2017.
STEVY WIDIA
Discussion about this post