Otomoto Platform Digital Khusus Sepeda Motor

Peluncuran Otomoto, Rabu (3/10/2018) di Jakarta. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Platform digital khusus sepeda motor, aplikasi Otomoto merupakan platform digital hasil kreativitas anak bangsa bagi para pemilik motor di seluruh Indonesia. Sistemnya bekerja berdasarkan data analitik, algoritma, dan otomatisasi guna menghadirkan user journey yang optimal.

Marwoto Soebiakno, Founder dan Board of Advisor Otomoto, menjelaskan Otomoto sudah menjalin kerja sama dengan mitra bengkel yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Bali. Kerja sama tersebut memungkinkan pula pengguna aplikasi menikmati berbagai program promosi dan diskon yang diadakan bengkel.

“Otomoto menyediakan informasi dan pilihan supaya pemilik sepeda motor dapat membuat keputusan terbaik sesuai dengan kebutuhannya. Tujuannya sederhana, yaitu dapat selalu memberikan layanan terbaik untuk memenuhi beragam kebutuhan bagi pemilik sepeda motor di Indonesia,” ucapnya pada peluncuran Otomoto, Rabu (3/10/2018) di Jakarta.

Menurut dia, Otomoto menyediakan informasi dan pilihan supaya pemilik sepeda motor dapat membuat keputusan yang terbaik sesuai dengan kebutuhannya. Tujuannya sederhana, yaitu dapat selalu memberikan layanan terbaik, dalam memenuhi beragam kebutuhan bagi pemilik sepeda motor di Indonesia.

Baca juga :   Generasi Mudah Harus Ubah Paradigma

Selebihnya, Otomoto juga menawarkan kemudahan bagi pemilik motor dalam melakukan perawatan rutin melalui fitur Booking Service. Layanan ini memungkinkan pengguna mengetahui lokasi bengkel berkualitas terdekat. Untuk selanjutnya melakukan pemesanan jadwal kunjungan sesuai lokasi, hari hingga jam yang diinginkan.

“Ada data analitik yang bisa kita beri kepada mitra bengkel sebagai masukan, dari situ kita bisa diskusi program apa yang bisa kita kerjakan bersama untuk menambah kapasitas bengkelnya. Kemudian, aplikasi ini juga bisa membantu efisiensi dari sisi bengkel dan customer-nya. Bengkel yang menjadi mitra kami dapat mengatur ketersediaan waktu yang bisa dipesan (atau di ‘booking’) pada saat-saat yang lenggang. Dan karena customer mendapat awareness, customer dapat menyesuaikan waktu servis motornya sehingga bisa mengisi saat-saat yang lengang di bengkel tersebut,” ucap Marwoto.

Layanan unggulan aplikasi Otomoto ialah Price Engine yang memungkinkan pengguna aplikasi mengetahui harga jual motornya dengan akurat tergantung kondisi. Cukup hanya dengan memasukkan tipe kendaraan, tahun produksi, dan jumlah kilometer, dalam hitungan detik maka perkiraan harga dapat dilihat di layar ponsel.

Baca juga :   Industri Nasional Harus Tingkatkan Daya Saing

Pengguna juga dapat memeriksa kondisi fisik motornya dengan detail melalui fitur Smart Inspection. Sebuah rangkaian pengecekan kondisi motor melibatkan mekanik profesional bersertifikat dari para mitra bengkel. Dari hasil inspeksi tersebut pengguna memiliki pilihan untuk meningkatkan kondisi motor dengan melakukan perbaikan. Langkah ini pada akhirnya akan menambah nilai jual motornya.

Adapun, laporan Smart Inspection dibagi ke dalam lima kategori (Grade A, B, C, D, E) yang dapat dipakai sebagai acuan harga. Baik saat pengguna hendak menjual motor ke dealer mokas (motor bekas) atau pembeli potensial. Bahkan, ketika akan melakukan pengajuan pinjaman ke perusahaan pembiayaan Otomoto.

“Sudah saatnya pemilik sepeda motor melihat potensi kepemilikan sepeda motornya bukan hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai aset yang berharga,” ujar Dennis Wu, Head of Technology Otomoto. Saat ini aplikasi Otomoto bisa diunduh gratis di ponsel pintar Android dan dan segera menyusul untuk iOS.

FAHRUL ANWAR