Palo Alto Networks Dan Telkomsel Dukung Keamanan Siber Nasional yang Tangguh

Yohannes Glen Dwipajana, Vice President of ICT Security Management, Telkomsel dan Surung Sinamo, Country Manager Indonesia, Palo Alto Networks. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Keamanan siber masih menjadi isu nasional. Salah satunya dalam hal layanan telekomunikasi yang harus disertai perlindungan data pelanggan yang solid dan terjamin, serta kontinyu. Untuk itu dibutuhkan postur keamanan yang proaktif, baik pada infrastruktur layanan online maupun mobile.

Berangkat dari itu, Telkomsel menerapkan Palo Alto Networks Security Operating Platform pada infrastruktur keamanan siber miliknya.

“Palo Alto Networks Security Operating Platform yang mencakup solusi keamanan next-generation firewall, layanan threat intelligence melalui cloud, serta endpoint protection mutakhir, berhasil mendukung Telkomsel dalam memperkokoh infrastruktur keamanan siber mereka, seiring dengan makin gencarnya pengembangan layanan online dan mobile baru yang mereka lakukan. Telkomsel mengawali langkah keamanan strategis tersebut dengan menerapkan solusi keamanan dari Palo Alto Networks di platform business-critical billing miliknya,” ungkap Surung Sinamo, Country Manager Indonesia, Palo Alto Networks pada Jumat (8/2/2019) di Jakarta.

Sebagai entitas bisnis yang menghadirkan layanan konten, lalu lintas data, dan pembayaran digital kepada pelanggan mobile mereka, Telkomsel berkomitmen untuk selalu menghadirkan perlindungan data pelanggan yang solid dan terjamin, serta memastikan disuguhkannya layanan terbaik secara kontinu.

Baca juga :   Communic Indonesia 2016 Telkomsel Fokus Bangun Ekosistem Digital

Yohannes Glen Dwipajana, Vice President of ICT Security Management, Telkomsel mengungkapkan, antangan terbesar adalah bagaimana dapat menjamin dihadirkannya integritas, kerahasiaan data, serta ketersediaan layanan yang paripurna. “Sebagai operator terbesar di Indonesia, kami memiliki peran yang cukup vital dalam turut menjaga keamanan siber nasional. Kami berharap keamanan siber dapat menjadi pemampu, baik bagi setiap bisnis yang kami jalankan, maupun bagi bangsa Indonesia secara umum,” katanya.

Melalui implementasi Palo Alto Networks Security Operating Platform, Telkomsel yang berada di bawah naungan otoritas telekomunikasi dan otoritas keuangan Indonesia, kini memiliki kontrol ekstra terhadap lalu lintas jaringan berkat kemampuan solusi keamanan tersebut dalam membangun rule keamanan yang komprehensif. Platform keamanan dari Palo Alto Networks tersebut menghadirkan rekam jejak audit keamanan yang jelas dan mendetil atas setiap aktivitas dan perubahan-perubahan yang terjadi pada setiap konfigurasi keamanan di infrastruktur Telkomsel.

Solusi keamanan Palo Alto Networks Security Operating Platform yang digelar di infrastruktur Telkomsel mencakup PA-5200 Series next-generation firewalls dan Panorama™ network security management.

Baca juga :   Penguna Tanda Tangan Digital di Indonesia Meningkat

Telkomsel adalah operator seluler terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 168 juta. Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel menggelar lebih dari 184.000 BTS. Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan teknologi seluler terkini dan menjadi yang pertama melakukan ujicoba layanan 5G di Indonesia. Memasuki era digital, Telkomsel terus mengembangkan bisnis digital, diantaranya Digital Advertising, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, dan Internet of Things. Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam dan layanan GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.

STEVY WIDIA