Paper.id, Platform Invoicing Bagi UMKM Indonesia

Peluncuran Paper.id. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah kerap mengabaikan pengelolaan manajemen keuangan termasuk dalam hal invoice terhadap pelanggan bisnisnya. Akibatnya aliran keuangan pun menjadi kurang lancar. Namun kini hadir Paper.id, platform invoicing yang dapat mengatasi hal itu dengan mudah dan cepat.

Adalah Jeremy Limman dan Yosia Sugialam yang mendirikan Paper.id. Mereka mengungkapkan, platform ini ditujukan untuk membantu pelaku usaha khususnya wirausaha dan UMKM dalam mengirimkan tagihan dan membuat laporan manajemen arus kas secara mudah, cepat dan cerdas.

“Sistem penagihan yang dimiliki Paper.id siap membantu pelaku UMKM dan wiraswasta untuk melakukan pengiriman atau tagihan menerima pembayaran dari pelanggan secara tepat waktu,” kata Jeremy, dalam jumpa pers Senin (23/4/2018) di fX Sudirman Jakarta.

Dia mengungkapkan, platform ini ingin memberi solusi bagi masalah penagihan dan arus kas. Paper.id terintegrasi dengan fitur laporan keuangan seperti neraca keuangan, laporan laba rugi dan laporan lainnya yang memungkinkan pemilik usaha untuk melihat laporan keuanganya secara simple lengkap dan real time.

Baca juga :   Bogor Siap Bangun Kota Pintar

“Kami hadir di sini untuk membantu para pelaku usaha dapat membuat invoice elektronik melalui perangkat mereka, mulai dari web broser pada laptop dan aplikasi Paper.id di smarthphone android,” ucap Jeremy.

Walaupun penggunaannya sederhana dan berbasis freemium, Paper.id terintegrasi dengan fitur laporan keuangan seperti neraca keuangan, laporan laba rugi dan laporan lainnya yang memungkinkan pemilik usaha untuk melihat laporan keuangannya secara simpel, lengkap dan real-time.

“Paper.id dibekali dengan berbagai solusi pembayaran yang lengkap. Paper.id memungkinkan usaha tradisional untuk membayar invoice dengan pilihan metode pembayaran yang aman dan terpercaya, mulai dari transfer bank, virtual account, kartu kredit, m-banking dan e-wallet,” jelasnya.

Hari ini pula, Paper.id menjalin kerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk. (Bank BNI) dalam menghadirkan Yap!, yaitu aplikasi pembayaran dengan cara scan QR code, yang akan memudahkan pelanggan usaha Paper.id untuk melakukan pembayaran invoice.

Untuk pendanaan, Paper.id pun sudah didukung dari modal ventura Golden Gate Ventures. Dea Surjadi, Business Development Golden Gate Ventures yang turut hadir dalam acara peluncuran Paper.id menuturkan, keterlibatannya dalam pendanaan Paper.id diharapkan dapat turut membantu perkembangan UMKM di Indonesia.

Baca juga :   Fintech Harus Tingkatkan Inklusi Keuangan

Sampai saat ini, Paper.id sudah digunakan oleh ribuan pemilik bisnis untuk mengirimkan lebih dari 30.000 invoice secara digital. Selain memiliki layanan gratis, Paper.id juga memiliki layanan basic dan layanan premium dengan harga yang terjangkau bagi pemilik usaha.

 

FAHRUL ANWAR