Passpod Jadi Startup Pertama Yang Melantai di BEI

Passpod menjadi emiten ke-46 pada 2018 dengan kode emiten YELO. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT Yelooo Integra Datanet Tbk (Passpod) resmi mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Langkah ini membuat Passpod menjadi startup binaan IDX Incubator pertama yang melantai di BEI.

Passpod adalah perusahaan jasa penyewaan modem WiFi dan travel assistance bagi traveler Indonesia yang berpergian ke luar negeri. CEO Passpod, Hiro Whardana berharap langkah ini bisa menginspirasi startup lain untuk terus melihat berbagai opsi pendanaan bagi perusahaan.

“Sebagaimana motivasi yang kami dapat selama proses inkubasi di IDX Incubator, jangan menunggu tumbuh besar untuk IPO, justru dengan IPO, startup akan tumbuh,” ujar Hiro melalui keterangan tertulis Senin (29/10/2018) di Jakarta. Dengan pencatatan perdana saham ini, Passpod menjadi emiten ke-46 pada 2018 dengan kode emiten YELO.

Pencatatan perdana saham PT Yelooo Integra Datanet ini disambut baik masyarakat, di mana sesuai laporan hasil penawaran umum perdana saham yang dilakukan pada 18-22 Oktober 2018 lalu, permintaan saham Passpod mengalami oversubscribed lebih dari 10,27 kali.

Baca juga :   BatikMal.com Hadir Sebagai Marketplace Batik

Passpod telah menunjuk PT Sinarmas Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan PT Jasa Utama Capital dan PT Erdikha Elit Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

Adapun jumlah saham baru yang dilepas Passpod, yaitu 130.000.000 lembar saham atau sebesar 34,21% dari modal ditempatkan. Dana IPO sendiri akan digunakan untuk pengembangan bisnis, pengembangan aplikasi, termasuk penambahan beragam fitur serta modal kerja.

Passpod memiliki tiga segmen usaha, yaitu bidang travel services, AI and Big Data, dan global connectivity. Hingga April 2018, Passpod mampu mengantongi laba bersih periode berjalan sebesar Rp475 juta. Jumlah tersebut meningkat drastis dari capaian tahun sebelumnya yang hanya menyentuh angka Rp26,5 juta.

IDX Incubator merupakan program inkubasi startup yang digagas BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). IDX Incubator memiliki visi untuk membantu mengembangkan startup di Indonesia, baik dari segi bisnis, legal, pendanaan hingga membantu mereka melenggang ke lantai bursa saham. Passpod merupakan salah satu startup yang mengikuti program tersebut sejak Februari 2018.

Baca juga :   ISTC Ajang Penjaringan Anak Muda Berbisnis Saham

STEVY WIDIA