Patricia Andriani Halim : Jadikan Batik Sebagai Busana Kekinian

Patricia Andriani, Founder & Designer "Patricia Andriani" (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

youngster.id - Usaha di bidang kreatif sedang tumbuh di Indonesia. Sebagian besar diusung oleh anak-anak muda. Menariknya, banyak di antara mereka mengangkat kembali produk budaya Indonesia dalam karya yang lebih kekinian. Salah satunya adalah batik.

Dulu, banyak yang berpikir bahwa busana batik ini terkesan kuno dan lebih sering digunakan oleh para orang tua. Tetapi, belakangan pandangan itu berubah. Banyak anak muda mulai bangga mengenakan batik. Apalagi, kini batik yang hadir juga lebih beragam dengan gaya yang lebih kekinian.

Hal ini didorong oleh berbagai factor. Salah satunya adalah peranan perancang busana yang memunculkan batik ke penikmat fesyen. Bahkan, mereka menjadika batik bagian dari industri fesyen kreatif.

Tak hanya desainer kawakan, desainer muda pun turut “bermain” dengan batik. Mereka mengolah kain baik menjadi busana siap pakai dan dapat dikenakan dalam berbagai kesempatan. Alhasil, bisnis fesyen batik dan kain tradisonal ini cukup menjanjikan.

Salah satu desainer muda berbakat yang mengangkat batik dalam gaya busananya adalah Patricia Andriani Halim. Lulusan Nanyang Academy of Fine Arts Singapura ini sukses menyulap kain batik tulis dari sejumlah daerah di Indonesia menjadi busana ready to wear yang stylish dengan desain yang modern.

Baca juga :   7 Event Jelang Lebaran di Bintan

“Saya suka batik. Motif dari kain-kainnya sangat inspiratif untuk dituangkan ke dalam model busana masa kini. Bahkan bagi saya batik bisa jadi tren busana yang kekinian,” ucap gadis yang akrab disapa Patty ini kepada Youngser.id.

Bagi gadis berusia 23 tahun ini, batik terutama batik tulis tidak melulu harus tampil old school. Di tangan Patty, kain-kain batik dengan beragam motif yang indah diaplikasikan ke dalam rancangan, baik sebagai aksen maupun dipadukan dengan beragam materi lain. Hasilnya adalah busana yang ringan, unik dan trendy. Cocok untuk anak muda yang ingin tampil beda.