Pebisnis e-Commerce Perlu Edukasi Secara Intesif

Hati-hati penipuan pada transaksi digital.(Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Bisnis online merupakan tren baru yang kini sedang bertumbuh pesat. Jumlah e-commerce pada medio 2016 di Indonesia mencapai 26,2 juta. Meski demikian pengetahuan untuk mengembangkan bisnis berbasis digital ini dirasakan masih kurang. Model bisnis ini masih memerlukan edukasi secara intensif ke market.

Menanggapi hal itu Elevenia menyediakan fasilitas Seller Zone bagi para mitranya. Ini merupakan area fisik yang terdiri dari studio foto, zona editing, ruang meeting, dan ruang training. Ini disebut sebagai investasi edukasi yang bisa dimanfaatkan para mitra seller secara gratis.

“Seller Zone menjadi ruang untuk tim elevenia bisa bertatap langsung dengan mitra seller. Semua
fasilitas ini bisa digunakan sesuai jam operasional kantor. Pada Seller Zone yang baru ini, elevenia memperluas area training room dan mengubah desain ruangan menjadi teater style dan menambah jumlah ruangan meeting agar semakin banyak mitra seller yang bisa terakomodasi untuk melakukan training atau rapat,” jelas Syahrivan, GM Seller Development dalam siaran pers, Sabtu (8/4/2017).

Baca juga :   Kemristekdikti Danai Riset Inovasi Pangan Unggul

Menurut dia, sejak akhir 2016 yang lalu, seiring dengan semakin berkembangnya penjualan dan jumlah seller di elevenia, e-commerce ini mengganti wajah area Seller Zone mereka dengan area yang lebih luas. jumlah ruangan yang lebih banyak dan nuansa lebih atraktif dan menarik, untuk mendukung perkembangan para sellernya.

Dengan adanya fasilitas ini, kata Syahrivan, elevenia harap tujuan untuk mengedukasi pasar mengenai bisnis e-commerce bisa tercapai dan terus meningkat. “Mitra seller cukup melakukan pemesanan jadwal melalui Seller Office (yang dimiliki oleh setiap seller yang terdaftar di elevenia) jika mau menggunakan fasilitas ini,” ujarnya.

Tentunya fasilitas ini pun diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk siapa saja yang ingin berjualan online di elevenia namun masih ragu karena pengetahuan yang minim.

Saat ini elevenia telah memilik sebanyak 50.000 mitra seller. Mayoritas mitra seller baru mencicipi bisnis jualan online. Untuk itu, elevenia dengan senang hati memberikan pelatihan kepada mereka mengenai cara berjualan online, cara memberikan servis kepada buyer, mengambil foto produk dan membuat konten yang menarik.

Baca juga :   DNAku, Platform Tes DNA

Training cara berjualan, selain bisa didapatkan di Seller Zone bisa didapatkan secara online melalui online training. Ruang meeting ada empat piluhan yang didesain berdasarkan tema kategori produk yang ada di elevenia. Sedangkan terkait dengan fasilitas studio foto, elevenia menyediakan fotografer profesional dan zona komputer yang bisa digunakan untuk memilih atau mengedit foto yang sudah diambil.

Dari sensus ekonomi 2016 yang dilakukan BPS, dalam kurun waktu 10 tahun (2006 -2016), jumlah e-commerce di Indonesia meningkat sekitar 17%. Namun demikian, model bisnis ini masih memerlukan edukasi secara intensif ke market, karena masih banyak pelaku industri offline yang masih belum terjangkauoleh bisnis online.

STEVY WIDIA