Pemerintah Targetkan Indonesia Punya 10 Startup Unicorn di 2020

Menkominfo Rudiantara. (Foto: Kominfo/youngster.id)

youngster.id - Kehadiran perusahaan rintisan (startup) menjadi perhatian utama pemerintah. Bahkan pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menargetkan Indonesia pada tahun 2020 dapat memiliki 1.000 startup dan 10 diantaranya unicorn.

“Cita-cita pada 2020 ada seribu startup, 10 unicorn,” kata Rudiantara dalam sambutannya di acara Grab 4 Indonesia baru-baru ini di Jakarta.

Saat ini Indonesia sudah memiliki empat startup yang tergolong unicorn, yang memiliki valuasi di atas US$1 miliar, yaitu Go-Jek, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia. Dan diharapkan keberhasilan ini dapat diikuti oleh para startup lainnya.

Di sisilain Rudiantara mengaku ada tantangan dalam dunia startup digital Indonesia, yaitu kekurangan talenta teknisi. Untuk mengatasi hal ini, Kemenkominfo berusaha memberikan beasiswa sekolah ke Beijing dan Bengaluru sebagai usaha untuk mempercepat pertumbuhan startup unicorn di Indonesia.

Menkominfo juga menyatakan, Indonesia membutuhkan investasi asing yang dapat memberi nilai tambah, tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar. Chief RA ini menegaskan Pemerintah terbuka untuk berdiskusi mengenai pajak dan insentif bagi investor asing yang ingin menanamkan modal di Indonesia.

Baca juga :   Startup Klook Menambah Daftar Unicorn di Asia

STEVY WIDIA