Pemuda Papua Juarai DBS Young Economist Stand-Up

Para pemenang kompetisi DBS YES 2017. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Freddy Edhy pemuda asal Papua menjadi juara pertama DBS Young Economist Stand-up (DBS YES). Program yang digelar PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) menyeleksi hampir 500 video submission dari anak-anak muda yang menyuarakan ide dan gagasan melalui video stand-up (pidato kreatif).

Kusuma Ayu Kinanti Manager Fintech Office Bank Indonesia mengatakan, ide Freddy untuk mengangkat Papua menuju kemajuan serta wisdom untuk mencari relawan dan membangun masyarakat dengan mengundang partisipasi ekonomi digital menurut dewan juri merupakan ide yang sangat jujur, tulus dan sangat bisa diimplementasikan.

“Selama sesi stand-up, kami mendapatkan transfer emosional sehingga kami terbawa untuk bagaimana dapat turut serta membangun Papua bersama,” ucap Ayu yang menjadi salah satu juri DBS YES, dalam siaran pers Senin (23/10/2017) di Jakarta.

Selain Freddy, ada 10 finalis yang diundang ke Jakarta untuk mengikuti tahap Grand Final dengan juri antara lain Leonardo Koesmanto Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia, Maynard Priajaya Arif Head of DBS Group Research Indonesia, dan Aidil Akbar Perwakilan Kantor Info dan Edukasi OJK.

“Sebagai dewan juri, kami memilih ketiga pemenang ini karena mereka mampu mempresentasikan ide kemudian apakah ini bisa dieksekusi atau tidak,” kata Aidil.

DBS YES tahun ini berhasil mengumpulkan 500 partisipasi kamu muda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Padang, Makassar, NTT dan Papua serta berbagai daerah di pulau Jawa.

“Kami berharap melalui program DBS Young Economist Stand Up yang diadakan oleh Bank DBS setiap dua tahun sekali ini, makin banyak anak muda Indonesia bahkan di luar pulau Jawa yang tidak hanya mampu memberikan opini dan analisa ekonomi yang akurat namun banyak pula lahir ide-ide solusi ekonomi dan sosial dengan perspektif nasional,” kata Mona Monika, Head of Group Strategic Marketing and Communications, Bank DBS Indonesia.

Freddy dianugerahi total hadiah 50 juta rupiah. Selain itu ada 2 pemenang lainnya yaitu Sena Farid Sudarsono dari Bandung yang berhasil membawa pulang uang tunai sebesar 30 juta rupiah sebagai Juara 2, serta Iman Faiz dari Jakarta yang menjadi Juara 3 dan Juara Favorit dan berhasil membawa pulang masing-masing 20 juta rupiah dan iPhone 7 Plus.

Para pemenang ini juga akan berkesempatan mengikuti sesi mentoring dengan Neal Cross, Chief Innovation Officer, Bank DBS di Singapura. Selain itu, ketiga pemenang DBS YES juga akan mendapatkan kesempatan yang sangat berharga untuk tampil menjadi Opening Act pada DBS Asian Insights Conference 2017 di hadapan para pemimpin dan pelaku industri perbankan dan keuangan serta pejabat penting dari pemerintah yang rencananya akan digelar pada 21 November 2017 di Jakarta.

STEVY WIDIA