Pertamina Energy Hackathon 2018: Ajang Kolaborasi Pertamina dengan Pelaku Bisnis Digital

Pertamina Edutrip. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Untuk membangun kesadaran akan peran penting teknologi digital dan aplikasinya dalam semua proses bisnis, PT Pertamina (Persero) membangun kolaborasi dengan pengembangan proyek perangkat lunak melalui acara Pertamina Energy Hackathon 2018.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, penggunaan teknologi digital sebagai bagian strategi bisnis tidak dapat dihindari. Dan Pertamina sebagai perusahaan energi yang mengelola industri high risk, capital intensive dan technology intensive harus mengembangkan teknologi yang tepat serta fokus dalam implementasinya.

Oleh karena itu, Pertamina menggelar Pertamina Energy Hackathon 2018. Lewat kegitan ini diharapkan dapat menghasilkan ide cemerlang dari para developer berbakat yang tertarik untuk memecahkan permasalahan bisnis ritel Pertamina.

“Melalui Pertamina Energy Hackathon, para peserta akan diedukasi mengenai masalah aktual yang dihadapi industri energi di era digital, serta ditantang untuk menciptakan aplikasi mobile sebagai bentuk solusi dari permasalahan dalam dunia pemasaran energi,” ungkap Adiatma dalam keterangannya, Kamis (22/3/2018) di Jakarta.

Adiatma menambahkan, dalam situasi perekonomian dunia yang diwarnai VUCA (Volatilility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity) saat ini, penggunaan teknologi digital sebagai bagian strategi bisnis tidak bisa dihindari.

Baca juga :   Ampas Sagu Bisa Jadi Bahan Bakar

“Adopsi teknologi digital dalam semua proses bisnis harus menjadi budaya di lingkungan Pertamina,” katanya.

Pendaftaran peserta kompetisi para pelaku digital ini, dibuka sejak 12 Maret hingga 31 Maret 2018 dengan total hadiah Rp 100 juta. Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi para developer untuk terus berkarya menciptakan aplikasi mobile yang bermanfaat bagi pengembangan bisnis Energi Nasional.

Sebagai rangkaian dari Pertamina Energy Hackathon Pertamina juga akan menggelar Pertamina Digital Transformation Expo pada 25 – 27 April 2018, dengan melibatkan peran aktif seluruh insan Pertamina, praktisi di bisnis digital yang dapat menjadi katalisator perkembangan solusi teknologi di Pertamina.

Pertamina Digital Transformation Expo akan berlangsung di Gedung Pusat Pertamina, Jl. Merdeka Timur No 1A Gambir, Jakarta Pusat. Dengan mengusung thema “DIGITALISUS” expo ini bertujuan untuk memberikan awareness dan mengajak Pekerja Pertamina serta masyarakat umum, untuk menjadikan digital sebagai salah satu pola kerja dan gaya hidup yang tidak bisa dihindari terutama di industri energi.

Baca juga :   DeepBrain Chain, Kecerdasan Artificial Berbasis Blockchain

“Selain itu, acara ini dimaksudkan untuk mendukung proses bisnis dan persaingan perusahaan energi yang semakin menantang dan berkembang,” pungkas Adiatma.

 

STEVY WIDIA