Peserta IndonesiaNEXT Terus Meningkat

Gelar IndonesiaNEXT di setiap kota selalu melebihi target yang ditentukan. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Sebanyak 1.048 mahasiswa dari 5 perguruan tinggi di wilayah Jawa Timur mengikuti program IndonesiaNEXT. Ini adalah kegiatan sertifikasi untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa. Vice President Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, mengatakan, jumlah peserta IndonesiaNEXT di setiap kota selalu melebihi target yang ditentukan.

“Untuk setiap kota, target kita sebenarnya 500 orang. Tahun lalu, kita mengadakan di tempat ini dan oversubcribed. Tahun ini luar biasa, karena jumlahnya dua kali lipat dan ini merupakan terbesar dari yang kita gelar di kota-kota lain,” kata Adita pada siaran pers gelar IndonesiaNEXT di Graha ITS, Surabaya, Selasa (7/11/2017).

Menurut Adita, setiap tahun pihaknya selalu melakukan evaluasi kegiatan, di internal ataupun dengan beberapa instansi dan perguruan tinggi lainnya. “Animo yang tinggi dari mahasiswa kita jadikan bahan evaluasi. Ada respon positif. Satu program yang pantas dilanjutkan,” tambahnya.

Program sertifikasi yang menjadi bagian dari CSR Telkomsel ini telah digulirkan sejak tahun 2016. Program sertifikasi ini telah diwajibkan oleh Dikti.

Baca juga :   IndonesiaNEXT Roadshow Kembali Digelar di Enam Kota

“Yang kita fasilitasi adalah mendapatkan sertifikasi itu, supaya ketika lulus mahasiswa sudah mempunyai sertifikasi sebagai bekal untuk mau menjadi apa saja terserah mahasiswa apakah sebagai enterprenuer atau lainnya,” tambahnya.

Vice President Sales and Marketing TeIkomsel Area Jawa Bali, Ericson Sibagariang, menambahkan, tantangan di dunia kerja yang dihadapi generasi millennials cukup berat mengingat persaingan yang sangat kompetitif.

“Kami berharap pengembangan kemampuan dan pengetahuan dapat meningkatkan daya saing mahasiswa, bahkan hingga ke tingkat global,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor lnstitut Teknologi Sepuluh November (ITS), Joni Hermana, mengatakan, perkembangan digital yang semakin pesat sekarang telah membuka kesempatan siapa pun, tak perduli usia atau jabatan untuk tampil di depan dan menjadi orang yang berhasil.

“Untuk berhasil sekarang, tak harus mulai dari nol, tetapi bisa meniru sukses orang lain kemudian dimodifikasi sesuai kemampuannya. Dan program sertifikasi bisa menjadi jalan untuk meraih sukses,” katanya.

STEVY WIDIA