Peserta Wonderful Startup Academy 2 Meningkat

Kegiatan Wonderful Start-Up Academy (WSA) di Gedung SMESCO RumahKU (Rumahnya koperasi dan UKM). (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kementerian Koperasi dan UKM (KUKM) serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia memprakarsai kegiatan Wonderful Startup Academy. Wonderful Startup Academy merupakan kegiatan inkubasi pengembangan startup dan program percepatan bagi para startup yang fokus bergerak di bidang kepariwisataan.

Kegiatan Wonderful Startup Academy 2019 merupakan batch kedua, dimana Kolega Coworking Space dan MDigi menjadi pelaksana program. Hingga saat ini tercatat pendaftar telah mencapai 236 orang, jumlah ini meningkat lebih dari 30% dibandingkan Wonderful Startup Academy batch pertama yang berjumlah 180 orang.

Peserta berasal dari berbagai daerah mulai dari Aceh sampai Papua. Wonderful Startup Academy batch 2 ini adalah kelanjutan dari Wonderful Startup Academy batch pertama yang telah diselenggarakan pada tahun 2017.

Hiramsyah S. Thaib, Dean Wonderful Startup Academy menyatakan, salah satu tujuan program ini adalah menciptakan ekosistem digital tourism di Indonesia.

“Saya yakin, kegiatan Wonderful Startup Academy dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan wisatawan mancanegara. Dengan demikian, Wonderful Startup Academy ini adalah kegiatan yang mendukung salah satu program pemerintah yaitu Program 10 Destinasi Pariwisata Prioritas,” ungkapnya dalam keterangan Kemenpar baru-baru ini.

Baca juga :   Ganti Seragam, BCA Libatkan Pengrajin Tenun dan Desainer Lokal

Wonderful Startup Academy batch 2 memiliki durasi program yang lebih singkat, padat dan efektif. Proses seleksi untuk peserta dari awal telah melibatkan perusahaan modal ventura (venture capital).

Manfaat dari mengikuti program Wonderful Startup Academy ini, para startup akan memperoleh pendampingan dari ahli bisnis, yaitu pembinaan dari para mentor dari kalangan pelaku bisnis, pemerintahan, dan akademisi yang sangat mengerti dunia startup dan industri kecil menengah yang berfokus pada sektor pariwisata.

Selain itu, peserta juga memperoleh training dari para CEO perusahaan ternama di Indonesia. Para startup akan terekspos pada jaringan dan akses pasar yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta ICSB Indonesia.

Peserta juga berkesempatan melakukan kunjungan ke kawasan industri usaha kecil menengah dan berbagai objek wisata di Indonesia serta berkarya di co-working space yang memiliki fasilitas lengkap, lokasi yang strategis dan memiliki kesempatan bertemu calon investor.
Penyelenggaraan Wonderful Startup Academy batch 2 ini didukung oleh Indigo Creative Nation, Google, Telkom, BNI, BRI, dan beberapa yayasan serta organisasi lainnya yang peduli dengan perkembangan startup business.

Baca juga :   Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Pendaftaran Wonderful Startup Academy Batch 2 secara resmi dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada 20 Desember 2018 dan ditutup pada 11 Januari 2019.

STEVY WIDIA