Pesta Belanja Online Digelar Hingga Akhir Tahun

Shopback gelar ShopFestival bersama sejumlah e-commerce di Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pesta belanja online 9.9 menandakan dimulainya pesta belanja online akhir tahun di Indonesia. Rangkaian promosi bagi pengguna belanja online akan berlangsung hingga Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada Desember mendatang.

Sejumlah e-commerce menggelar pesta diskon menarik setiap tanggal cantik hingga akhir tahun. Mulai dari 9 september (9.9) berlanjut nanti 10 Oktober (10.10), lalu single’s day pada 11 November (11.11) dan puncaknya Harbolnas pada 12 Desember (12.12).

ShopBack misalnya menghadirkan, ShopFest ShopBack ShopFest yang merupakan festival belanja online yang diselenggarakan selama 4 bulan, mulai 9 September hingga 30 December 2019. Selama ShopBack ShopFest berlangsung, ada beragam promo yang ditawarkan, seperti potongan harga dan cashback hingga 99% untuk pembelian beragam kategori produk mulai dari fesyen hingga groceries. Selain itu, juga ada tambahan cashback dengan total Rp 20 juta untuk pembelian tiket Air Asia di platform ShopBack.

“Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development, ShopBack Indonesia dalam keterangannya, Senin (9/9/2019) di Jakarta.

Baca juga :   Gandeng Galeries Lafayette, Kemenpar Branding “Wonderful Indonesia”

Sementara Shopee telah curi start sejak 16 Agustus lalu dengan Kampanye 9.9 Super Shopping Day dengan puncaknya pada 9 September. Pesta diskon 9.9 tersebut digelar di tujuh negara cakupan Shopee, yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam dan Filipina.

Pada Shopee 9.9 Super Shopping Day 2018, jumlah pembeli meningkat empat kali dibanding periode sama tahun sebelumnya. Perusahaan asal Singapura itu menerapkan promo yang berbeda setiap harinya. Di antaranya gratis ongkos kirim, voucher, koin hingga diskon 90%. Shopee memasang target lebih dari 5,8 juta transaksi dengan beragam program diskon yang ditawarkan.

Lain halnya dengan Lazada Indonesia menggelar On/Off Festival dan menyelenggarakan Live Streaming hiburan berupa musik hingga fesyen, kecantikan, teknologi, sport bersama brand maraton selama 9 jam. yang berhasil mencetak rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), untuk Live Streaming melalui aplikasi belanja online dengan durasi terlama.

Sementara Tokopedia turut menggelar pesta 9.9 di platformnya. Di Tokopedia, ada berbagai penawaran produk dengan harga serba ‘99’ di mana beberapa produk memiliki harga dengan nominal unik yakni mulai dari Rp 9.999 hingga 999.999. Ada pula tawaran gratis ongkos kirim dengan mencantumkan kode promo tertentu.

Baca juga :   The EOS R Creators Workshop, Gali Ilmu Fotografi Wedding, Stage dan Landscape

Sedangkan Blibli.com menggelar penawaran produk dengan diskon sebesar 9 % pada semua produk pria yang terdiri dari pakaian, tas, jam tangan, hingga sepatu. Konsumen, terlebih dahulu juga harus mencantumkan kode promo tertentu untuk mendapatkan diskon yang hanya berlangsung pada hari ini saja.

Hingga penghujung tahun, beragam program promosi, potongan harga, hingga cashback yang ditawarkan platform e-commerce memang menarik masyarakat untuk berbelanja. Survei Shopback menyebut, sebanyak 2/3 dari 5100 responden berencana berbelanja pada festival belanja online tahun ini ketimbang tahun lalu.

Berdasarkan survei yang digelar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar ini, sebanyak 38,6% dari responden akan berbelanja sebanyak Rp 500.001- Rp 1.500.000 untuk tiap ajang. Selain itu, sebanyak 36,8% responden akan berbelanja di bawah Rp 500.000.



STEVY WIDIA