youngster.id - Bisnis e-commerce di Indonesia terus berkembang. Ini ditandai, antara lain oleh jumlah pemain e-commerce dan nilai transaksi yang terjadi. Pertumbuhan bisnisnya sebesar 50% per tahun.
Berdasarkan data, sebanyak 76% pengguna internet di Indonesia sudah melakukan transaksi online. Dan, rata-rata sudah menghabiskan uang sebesar Rp 5,5 juta selama satu tahun.
Greenber Brand Strategy memprediksi, pada tahun 2020 besaran transaksi di pasar e-commerce di Indonesia mencapai US$ 130 miliar atau setara Rp 1.700 triliun.
Tak mengherankan, saat ini e-commerce menjadi pilihan yang paling diminati para pemilik modal. Pemain e-commerce pun terus bermunculan di Indonesia, baik lokal maupun yang mengembangkan sayap bisnisnya di sini. Pertanyaannya, siapa pelaku e-commerce yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini?
Baru-baru ini, Andrew Prasatya dan timnya di Content Marketer iPrice Group, menyusun peta e-commerce Indonesia. Temuannya itu merupakan hasil dari riset serta verifikasi langsung ke semua toko online tersebut.
Menurut Andrew, data pelaku e-commerce yang tepercaya telah diverifikasi oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). “Dari hasil analisis iPrice, didapat beberapa fakta menarik,” ucap Andrew.
Berikut adalah beberapa temuan menarik mengenai peta persaingan e-commerce di Indonesia:
- Terjadi kompetisi yang cukup sengit antara Tokopedia dan Bukalapak di semua parameter.
- Alfacart sebagai pemain paling muda, sudah bisa menyaingi Mataharimall dari segi pengunjung perbulan (Alfacart 16 juta pengunjung; Mataharimall 18 juta)
- Fakta media sosial dari 5 e-commerce Indonesia:
- Rata-rata followers di media sosial Twitter 174,722; Instagram 150,382; Facebook 1.973.655.
- Secara rata-rata, jumlah fans Facebook 13 kali lebih besar dari followers Instagram.
- E-commerce fashion memiliki followers Instagram paling banyak dibandingkan yang lain
- Dari Top 10 e-commerce dengan jumlah followers Instagram terbanyak, ada 5 e-commerce fashion (Hijup, 8Wood, Brodo, Berrybenka, dan bobobobo)
- Blibli merupakan e-Commerce dengan jumlah followers terbesar (Facebook dan Twitter).
Berikut adalah Peta E-commerce Indonesia secara lengkap versi iPrice:
STEVY WIDIA
Discussion about this post