Presiden Jokowi : Industri Otomotif Indonesia Perlu Perhatikan Tren Internasional

Presiden Joko Widodo mencoba kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), mobil pedesaan garapan Kiat Mahesa Wintor (KMW). (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Gelaran otomotif berskala internasional bertajuk Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo. Beliau menilai gelaran otomotif terkemuka ini merupakan hal yang penting bagi kemajuan industri otomotif di Indonesia.

“Jika dilihat rantai produksi sudah global, skala ekonomi sudah global, branding pun sudah global,” ucap Presiden dalam sambutannya di acara pembukaan GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (2/8/2018).

Oleh karena itu, menurut Jokowi dari beberapa sektor perindustrian, ia melihat sektor otomotif termasuk yang paling internasional. Terlebih, Indonesia juga sudah mengekspor mobil dalam bentuk utuh dan juga komponennya.

“Dengan demikian kita harus memperhatikan dan terus mencermati perkembangan-perkembangan sektor otomotif di dunia internasional. Sudah dimulai di negara-negara maju dan masuk negara-negara tetangga sebentar lagi tinggal menunggu waktu sampai tren-tren tersebut masuk Indonesia karena kita juga bagian dari rantai produksi rantai pasar dari industri otomotif global,” papar Jokowi.

Baca juga :   Deliveree Hadirkan Armada Berkapasitas 2 Ton

Tak kalah menarik, di ajang GIIAS 2018 kali ini juga menjadi debut perdana bagi kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), mobil pedesaan garapan Kiat Mahesa Wintor (KMW). “Pemerintah akan terus all out membantu dan mendukung industri otomotif,” tegasnya.

GIIAS 2018 mengusung tema “Beyond Mobility” berlangsung hingga 12 Agustus 2018. Ditampilkan mobil-mobil teknologi masa depan yang diklaim ramah lingkungan, dari mulai mobil hybrid, plug ini hybrid hingga listrik jadi sajian utama pameran ini termasuk dari merek-merek otomotif lain juga ditawarkan dalam pameran ini.

Ada 40 kendaraan terbaru dari merek seperti Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Lexus, Mazda, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Nissan, Suzuki dan Wuling hadir meramaikan pameran. Merek kendaraan niaga tidak mau kalah, FAW, Hino, Mitsubishi Fuso, Tata Motor, dan UD Trucks ikut dalam pameran tahunan ini.

 

FAHRUL ANWAR