Presiden Minta UKM Kriya Bentuk Kelompok

Presiden Jokowi pada pembukaan Pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Foto: Suara/Youngster.id)

youngster.id - Presiden Joko Widodo menyarankan perajin UKM produk kerajinan saling membentuk kelompok besar dalam mengembangkan usaha. Ini guna menunjang sarana produksi maupun bahan baku bisa lebih murah dibandingkan dengan bekerja sendiri-sendiri.

“Ini penting sekali, membangun kelompok besar perajin. Harus konsolidasi supaya skala ekonominya bisa besar,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Rabu (27/9/2017) di Jakarta.

Menurut Presiden, wirausaha kriya yang ada di kota-kota untuk menerapkan sistem kantor bersama. Perajin UKM kerajinan bisa mencoba sistem tersebut untuk menekan beban sewa tempat produksi juga.

Apalagi potensi produk kerajinan di Indonesia sangat besar dengan memiliki 714 suku dengan budaya yang berbeda-beda. Keragaman tersebut adalah sumber inspirasi untuk produk-produk kerajinan, dan menjadi keunggulan.

Jokowi mengklaim pengrajin-pengrajin internasional sering mengambil inspirasi dari budaya dan alam Indonesia. Masyarakat sendiri yang hidup di Indonesia dan menjalani budaya-budaya, seharusnya bisa lebih terinspirasi.

Kriyanusa 2017 yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ini mengangkat tema “Tingkatkan Kreativitas Wirausaha Muda Kriya Indonesia”. Pameran tersebut digelar mulai 27 September hingga 1 Oktober.

Baca juga :   Modalku Siap Ekspansi ke Asia Tenggara

Pameran Kriyanusa 2017 digelar berbarengan dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas dan Dekranasda seluruh Indonesia.

Dekranas merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta juga peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

Sejak berdiri pada 3 Maret 1980, Dekranas menjadi salah satu penggerak di industri kerajinan, serta menjalankan peran sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di Nusantara.

STEVY WIDIA