Program Student Company, Dorong Siswa Jadi Pengusaha Ramah Lingkungan

Program Student Company di Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) meluncurkan program Student Company. Melalui program ini pelajar dari tiga SMA dan SMK Jakarta memperkenalkan bisnis mikro ramah lingkungan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program JA Student Company yang digagas untuk mendorong potensi bisnis dan mempersiapkan generasi muda Indonesia meraih kesuksesan masa depan melalui kewirausahaan. Ketiga sekolah tersebut, antara lain SMAN 35 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, dan SMKN 38 Jakarta.

Director of AIG Indonesia, Gevi Achdiat mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun ke-2, AIG Indonesia bermitra dengan PJI dalam program JA Student Company.

“Kami sangat bangga melihat perkembangan kemampuan kewirausahaan, inovasi dan ide bisnis para siswa-siswi tingkat SMA dan SMK ini. Satu hal yang sangat menonjol adalah kepedulian mereka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, hal ini merupakan bekal yang utama dalam menghadapi masa depan serta membangun bisnis yang berkelanjutan,” ujar Gevi dalam keterangannya, Kamis (29/5/2019) di Jakarta.

Gevi juga mengungkapkan bahwa Program Student Company ini juga dapat dengan sangat baik terlaksana atas dukungan dari karyawannga.

“Mereka telah mencurahkan waktunya melakukan aktifitas relawan selama lebih dari 150 jam kerja selama bulan April lalu, untuk membantu para siswa memahami lebih jauh mengenai membangun bisnis serta berorganisasi,” tambah Gevi. 

Sementara itu, Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menyampaikan, pihaknya kembali mempromosikan inisiatif kewirausahaan guna mengedukasi generasi muda Indonesia mengenai kewirausahaan yang dapat menjadi pilihan pekerjaan dan sumber pendapatan berkelanjutan di masa depan.

“Profesional bisnis dari AIG Indonesia memberikan rekomendasi positif terhadap strategi bisnis yang dibentuk oleh 72 pelajar tersebut. Lebih dari itu, keterlibatan aktif relawan juga menginspirasi mereka untuk berani dan percaya diri serta bermental kompetitif,” pungkasnya.

Melalui program edukasi kewirausahaan ini, para pelajar dibina menjadi wirausaha sungguhan dengan mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan mikro (student company) di sekolah. 

Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, peluncuran perusahaan, melakukan penjualan produk, hingga penawaran saham ke publik dengan metode sederhana. Selama delapan bulan periode program, para pelajar juga akan memperoleh bimbingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis AIG Indonesia.

STEVY WIDIA