Program Wirausaha Muda Mandiri Himpun 800 Calon Pebisnis Muda

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Para pengusaja muda dinilai akan memperkuat kegiatan wirausaha nasional. Oleh karena itu ajang untuk menciptakan ribuan pengusaha bar uterus dilakukan. Bank Mandiri melalui ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) bersinergi dengan 300 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia turut dalam penciptaan pengusaha baru itu.

Tahun ini, 28 pelaku usaha muda potensial, tangguh, dan profesional lahir melalui program itu. Selain itu, WMM 2018 juga menghimpun lebih dari 800 calon pebisnis yang tercatat mengikuti proses penyisihan lewat 34 perguruan tinggi di Indonesia dan 10 komunitas maupun inkubasi bisnis.

Peserta kompetisi dibagi ke dalam kategori mahasiswa dan non mahasiswa. Pemenang dari kelompok non mahasiswa akan memperoleh penghargaan WMM dan uang tunai hingga Rp200 juta untuk juara pertama dan Rp100 juta untuk juara kedua.

Sementara untuk kelompok mahasiswa, juara pertama akan memperoleh Rp100 juta dan juara kedua sebesar Rp50 juta. Adapun kategori yang dikompetisikan antara lain wirausaha industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi.

Baca juga :   Inilah 24 Pengusaha Muda Mandiri Potensial

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo berharap, pelaksanaan program WMM mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan.

“Ini tentu jadi suatu kebanggaan karena dapat melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air,” ucap Kartika dalam keterangannya Minggu (16/9/2018). Penghargaan pemenang diserahkan langsung pada 15 September 2018 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Sejak pertama kali digelar pada 2007, lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia tercatat menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta.

Kompetisi WMM 2018,lanjut Kartika, telah dimulai sejak Maret lalu, dimana sebanyak lebih dari 800 pengusaha muda dari 34 perguruan tinggi dan 10 Komunitas/Inkubator Bisnis ikut ambil bagian pada acara ini. Berdasarkan hasil penjurian tahap awal, sebanyak 70 wirausaha muda terpilih untuk mengikuti penjurian final nasional pada 12 September 2018, di hadapan dewan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media, dan Bank Mandiri.

Baca juga :   Perguruan Tinggi Harus Dapat Melahirkan Wirausaha

STEVY WIDIA