Rieke Caroline : Bangun Platform Legal Digital Untuk UKM dan Startup

Rieke Caroline, Founder & CEO KontrakHUkum.com (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

youngster.id - Di era digital saat ini, usaha kecil dan menengah (UKM) masih menjadi tulang punggung ekonomi di Indonesia. Meski skala usahanya kecil, namun jumlahnya banyak. Tak mengherankan jika pelaku UKM ini memberikan kontribusi yang besar. Namun, ada banyak kendala yang harus dihadapi mereka. Salah satunya masalah legalitas.

Ya, kebanyakan dari UKM dan UMKM di Indonesia belum memiliki izin usaha. Padahal, meski hanya selembar kertas, izin usaha merupakan tanda legalitas yang penting. Bahkan, Peraturan Presiden RI nomor 98 Tahun 2018 tentang Perizinan bagi Usaha Mikro dan Kecil menyatakan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah diperlukan pemberdayaan bagi pelaku UKM. Pemberdayaaan itu dengan memberikan ijin kepada pelaku usaha mikro dan kecil secara sederhana.

Sayangnya, kurangnya pengetahuan akan hal itu membuat banyak pelaku UKM, termasuk startup, mengesampingkan legalitas tersebut. Akibatnya, posisi mereka lemah ketika melakukan perjanjian bisnis. Dan itu bisa berujung pada kerugian.

Peduli akan hal tersebut, Rieke Caroline memutuskan untuk mendirikan layanan hukum dalam bentuk platform digital bernama KontrakHukum.com. Ini merupakan platform yang menyediakan layanan bagi para pelaku UKM untuk mendapatkan legalitas ataupun izin usaha.

Baca juga :   Pengguna 4G Naik, XL Axiata Tambah Jaringan di 100 Kota

“Kontrakhukum.com ini adalah digital legal service. Artinya kami memberikan service hukum secara online. Kami memudahkan mereka (pelaku UKM) yang memerlukan jasa hukum untuk mendapatkan pelayanan dari legal profesional, yaitu lewat sebuah platform atau website KontrakHukum.com,” ucap Rieke, Founder sekaligus CEO dari PT Teras Perjanjian Digital yang menaungi KontrakHukum.com kepada Youngster.id.

Menariknya, startup yang didirikan tahun 2016 ini fokus melayani UKM. Menurut Rieke mereka memberikan solusi hukum, mulai dari membuat kontrak yang benar, bagaimana mendirikan badan usaha dan surat perjanjian sebelum ditandatangani di legal counsel.