Rumah Kreatif BUMN Tingkatkan Visibility Pelaku UKM Lokal

Menteri BUMN Rini Sumarno Rini meninjau pameran bersama Dirut Telkom Alex Sinaga. (Foto: Fahrul Anwar/Youngster.id)

youngster.id - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah melakukan pembinaan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui program Rumah Kreatif BUMN. Hasil binaan itu turut ditampilkan dalam pameran Telkom Craft Indonesia. Menteri BUMN Rini M. Soemarno, mengatakan ajang Telkom Craft Indonesia merupakan offline event Rumah Kreatif BUMN (RKB).

“Rumah Kreatif BUMN membantu mendampingi pelaku UKM meningkatan kualitas produk, pengemasan hingga siap dipasarkan baik secara offline maupun online. Saya berterima kasih kepada Telkom dengan digelarnya acara semacam ini kami bisa lebih meningkatkan visibilty dari UKM lokal menuju pasar global,” kata Rini saat ditemui Kamis (22/3/2018) di Jakarta Convention Center Jakarta.

Menyusul kesuksesan tahun sebelumnya, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menggelar pameran Telkom Craft Indonesia yang berlangsung 22-25 Maret 2018 di Hall A & B Jakarta Convention Center.

“Saya berharap program ini milik Telkom ini dihadirkan untuk negeri dengan mengajak pelaku ukm lokal menuju go digital, go modern, dan go online. Apalagi dengan tema ‘Local Heroes to Global Champions’, maka UKM Indonesia dapat menghasilkan karya terbaik dan sekaligus berdaya saing, sehingga diharapkan dapat menembus pasar global,” ucap Menteri BUMN itu penuh berharap.

Baca juga :   7 Tempat Wisata Dengan Pengalaman Unik

Rini meninjau pameran bersama Dirut Telkom Alex J Sinaga, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementrian BUMN Gatot Trihargo, dan Komisaris Utama Telkom Hendri Saparini.

Peserta Telkom Craft Indonesia 2018 ini merupakan UKM yang telah memenuhi tahapan pembinaan UKM di Rumah Kreatif BUMN, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Setelah melalui proses seleksi kurasi yang menilai level of quality dan competitiveness dari produk, maka terpilihlah 400 UKM peserta yang terdiri dari 200 UKM Binaan Telkom, 150 UKM binaan BUMN lainnya dan 50 UKM dari berbagai komunitas dan asosiasi.

Selain itu, Telkom Craft Indonesia 2018, juga mengajak seluruh anak bangsa terutama generasi muda untuk lebih peduli terhadap budaya Nusantara yang sangat kaya dan menjadi kebanggaan bangsa melalui program “Telkom Peduli Budaya Nusantara”. Untuk menyemarakkan program tersebut, Telkom hadirkan buku “Permainan Tradisional Anak Negeri”, stand Alun-Alun Dolanan Anak serta stand Pendopo Peduli Budaya Nusantara. Selain itu, akan ditampilkan pula penampilan hasil audisi negeri program Telkom Peduli Budaya Nusantara di 5 kota besar Indonesia yang akan tampil setiap hari.

Baca juga :   Lebih dari 400 UKM Binaan BUMN Hadirkan Kreasi Khas Nusantara Gerakkan Perekonomian Digital Indonesia

Turut memeriahkan Telkom Craft Indonesia 2018 adalah penyanyi Judika, Via Vallen, Once Mekel dan grup band GIGI. Selain itu ada peragaan busana akan menampilkan Ghea Panggabean dan Rafi Ridwan sebagai designer tunarungu yang telah merambah ke kancah internasional. Selain itu, juga dimeriahkan talkshow yang menghadirkan narasumber antara lain Jenahara Nasution (fashion designer), Nukman Luthfie (pegiat media sosial), Keenan Pearce, Ernanda Putra dan Arief Muhammad (content creator). Bagi pengunjung yang beruntung, disediakan door prize antara lain sepeda motor dan paket wisata (domestik maupun internasional) yang akan dibagikan setiap harinya.

 

FAHRUL ANWAR