Rumah Kreatif Hadir di Yogya

Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno meresmikan rumah kreatif di Yogyakarta. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Rumah Kreatif hadir di Yogyakarta dan Bantul. Rumah kreatif yang dibangun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diperuntukan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan bantuan pelatihan, manajemen, dan pemasaran.

Pembangunan rumah kreatif sejalan dengan agenda pemerintah untuk mengurangi kesenjangan. BUMN di samping menjalankan tugas mendapatkan keuntungan, mempunyai peran sebagai agen pembangunan.

Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno meresmikan rumah kreatif di Yogyakarta dan Bantul.
Rumah kreatif di Yogyakarta dibangun dengan supervisi dari Bank Rakyat Indonesia, sementara yang di Bantul disupervisi oleh Bank Tabungan Negara. “Akhir tahun ini diharapkan sudah terbangun 514 rumah kreatif di seluruh ibu kota kabupaten dan Kota,” ujar Rini, dalam siaran pers Kamis (12/1/2017) di Yogyakarta.

Menurut dia, penyisihan sebagian keuntungan BUMN untuk membantu UMKM pada akhirnya akan bisa memberikan keuntungan kepada perekonomian negara. Banyaknya usahawan baru yang dilahirkan dan dikembangkan akan ikut membuka lapangan pekerjaan baru dan berkontribusi kepada pertumbuhan.

Baca juga :   Unbraw Juara 2 Kompetisi Pangan Dunia

Kehadiran rumah kreatif disambut baik pengusaha UMKM di daerah. Mereka mendapatkan banyak manfaatkan karena diberikan ilmu berwirausaha serta bisa mengikuti workshop. Rumah kreatif juga menyediakan fasilitas e-commerce sehingga mempermudah pengusaha UMKM memasarkan produk mereka. Bahkan, rumah kreatif di Yogyakarta menyediakan ruang bagi para pengusaha untuk berbagi pengalaman. Dengan menghadirkan para mentor, mereka dipacu lagi untuk lebih kreatif.

STEVY WIDIA