Shooting Lancar Daerah Tenar, Buku Panduan Film dari Bekraf

Aktris Julia Roberts saat syuting film Eat Pray Love di Bali. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) merilis Buku Pembentukan Komisi Film Daerah (KFD) yang berjudul ‘Shooting Lancar Daerah Tenar’. Tujuan diterbitkan buku adalah sebagai bentuk referensi awal bagi daerah yang berminat untuk meningkatkan potensinya melalui pembuatan film dengan membentuk Komisi Film Daerah.

Pembentukan Komisi Film Daerah akan menjadi solusi layanan terpadu satu pintu perizinan lokasi pembuatan film, layanan lokasi dan produksi, melalui sinergi strategis yang terlembaga antar pemangku kepentingan film di daerah.

“Semoga buku pedoman pembentukan KFD memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat utamanya melalui bidang ekonomi kreatif sub-sektor perfilman,” terang Endah Wahyu Sulistianti, Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah, Bekraf dalam keterangannya, Senin (3/4/2018) di Jakarta.

Perfilman merupakan salah satu sektor prioritas dalam sub-sektor ekonomi kreatif. Dengan dikeluarkannya industri perfilman dari Daftar Negatif Investasi (DNI) melalui Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016 telah membawa angin segar bagi industri perfilman Indonesia setelah hampir 30 tahun menutup diri.

Baca juga :   Terobosan ini Antarkan Herdy Rosadi Raih Best Chief Human Officer

Buku tersebut adalah hasil kolaborasi antara Bekraf melalui Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI).

FAHRUL ANWAR