Skilled Youth II, Siapkan Anak Muda Mandiri Finansial

Peserta Program Skilled Youth tahap II. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Citi Indonesia (Citibank) melalui payung kegiatan kemasyarakatannya Citi Peka (Peduli dan BerKarya) bersama lembaga nirlaba Indonesia Business Links (IBL), kembali menggelar Program Skilled Youth tahap II. Program ini meningkatkan generasi muda menjadi tenaga kerja siap kerja, maupun wirausaha yang handal.

Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia mengatakan, program ini merupakan bagian dari komitmen 50 tahun dedikasi Citi untuk Indonesia dan secara global dan merupakan implementasi dari inisiatif Pathways to Progress yang dilaksanakan di berbagai negara di dunia.

“Di Indonesia, komitmen ini kami wujudkan melalui kerjasama dengan lembaga nirlaba, Indonesia Business Link, dalam menghadirkan Skilled Youth Program. Program ini berorientasi pada terbukanya kesempatan ekonomi yang lebih baik bagi generasi muda melalui peningkatan kapasitas dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga kerja siap kerja, maupun menjadi seorang wirausaha yang handal,” jelas Batara Sianturi, Rabu (25/7/2018) di Jakarta.

Menurut dia, program ini bertujuan untuk membantu mengurangi pengangguran di kalangan generasi muda usia 16 -24 tahun di kota-kota besar di dunia termasuk Indonesia, Pathways to “Progress merupakan komitmen filantropi terbesar sepanjang sejarah dari Citi Foundation, dengan investasi tambahan sebesar USD 100 juta untuk memberikan dampak positif dan impact bagi 500.000 anak muda di seluruh dunia hingga tahun 2020,” kata Batara lagi.

Baca juga :   Loket.com Siap Ramaikan Penjualan Tiket Event

Sementara itu, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki menuturkan, saat ini di dunia, termasuk di Indonesia, terdapat 1,2 miliar anak muda, dimana 156 juta memiliki pekerjaan namun masih hidup di bawah garis kemiskinan. Lebih lanjut, terdapat 71 juta anak muda yang tidak memiliki pekerjaan, angka ini 3x lebih banyak dibandingkan pengangguran usia dewasa.

“Inilah yang menjadi dasar bagi Citi untuk berkomitmen dan berupaya membantu generasi muda di berbagai kota di dunia untuk meningkatkan kapabilitas dan wawasan mereka agar relevan dengan kebutuhan dan tren di pasar saat ini,” kata Elvera.

Adapun di Indonesia, data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa jumlah pengangguran di usia 15-24 tahun mendominasi jumlah keseluruhan pengangguran yang ada. Lebih lanjut, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi terjadi pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu sebesar 11,41% dari total 7,04 juta pengangguran per Agustus 2017 . Karenanya, pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi agenda penting yang kerap dicanangkan pemerintah, serta menjadi bagian dari pengimplementasian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga :   Citi Indonesia Perkenalkan Program “Digital Financial Literacy for Children”

Heru Prasetyo, Ketua Dewan Pembina Indonesia Business Links mengatakan, kolaborasi yang dilakukan Citi Indonesia bersama IBL merupakan contoh kemitraan multi-pihak dalam mendukung penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang diusung pemerintah.

“Kami percaya, pengangguran kaum muda akan teratasi bila sektor bisnis, pemerintah, organisasi masyarakat sipil dan akademisi dapat bekerjasama dari sisi peningkatan kapasitas, membuka peluang kerja, mendorong kewirausahaan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif. Menggunakan pendekatan Skilled Youth-Bekerja dan Skilled Youth-Berwirausaha, program Skilled Youth memberikan kesempatan bagi pemuda untuk meningkatkan kapasitas, guna membuka kesempatan ekonomi yang lebih baik bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya,” jelas Heru.

Program Skilled Youth tahap II bertujuan untuk memberdayakan potensi ekonomi para pemuda berusia 16-25 tahun termasuk siswa SMK yang berlokasi di Bekasi, Cikarang dan Karawang, melalui peningkatan kemampuan baik soft-skill maupun hard-skill, pendampingan bisnis kewirausahaan, serta bimbingan kerja. Dengan dukungan Citi Foundation, program tahap II yang telah berlangsung sejak Agustus 2017 hingga Juni 2018 ini telah berhasil menjangkau 249 pemuda, melampui target yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 200 peserta.

Baca juga :   Citi Indonesia Dukung Program “Youth Entrepreneur Initiative”

Di Citi, program ini merupakan bagian dari salah satu pilar kegiatan CSR Citi yaitu kesempatan ekonomi bagi generasi muda atau Youth Economic Opportunity. Melalui program ini, Citi berharap semakin banyak kaum muda yang mampu mencapai potensi tertinggi mereka, dalam hal peningkatan peluang ketenagakerjaan dan juga keahlian kewirausahaan yang dimiliki, sehingga mampu berkontribusi bagi perkembangan ekonomi di daerah dan Tanah Air.

 

FAHRUL ANWAR