SpotQoe Aplikasi Pemesanan Ruang B2B

(ki-ka) Head of SpotQoe Hari Ananto dan Komisaris AXI Halim Wahjana pada peluncuran SpotQoe, Selasa (28/8/2018) di Jakarta. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Grup Astra melalui unit bisnis PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) meluncurkan aplikasi mobile pemesanan ruang pertemuan dan acara secara online bernama SpotQoe. Berbeda dengan aplikasi serupa, SpotQoe ini fokus pada kemitraan business to business (B2B).

SpotQoe merupakan portofolio keempat AXI pada bisnis solusi digital. Perusahaan itu sebelumnya sudah mengoperasikan layanan e-commerce AxiQoe, layanan pencetakan daring PrintQoe, dan layanan logistik CourierQoe.

“Apa yang ingin kami berikan adalah nilai tambah yang terbaik melalui inovasi. Melalui SpotQoe, mudah-mudahan kebutuhan pasar terhadap pemesanan ruangan meeting dan event dapat terpenuhi,” ungkap Halim Wahjana Komisaris AXI pada peluncuran SpotQoe, Selasa (28/8/2018) di Jakarta.

Halim mengungkapkan peluncuran aplikasi teranyar tersebut merupakan langkah perusahaan untuk mengakselerasi bisnis di era transformasi digital yang sangat dinamis. “Inovasi tiada henti membuktikan digital tranformasi yang disiapkan berjalan pada track yang telah ditentukan.Kami akan terus mendorong inovasi lain di dalam bisnis perusahaan,” katanya lagi.

Head of SpotQoe Hari Ananto menyatakan hasil riset mereka menemukan ada empat isu utama dalam industri pemesanan ruang secara onlne. Baik dari penyedia ruangan maupun dari sisi konsumen. Pertama, penyedia ruangan sudah semakin banyak namun pengguna ruangan masih belum maksimal. Kedua, prosedur pemesanan ruangan terbiasa dilakukan secara manual sehingga memakan waktu lama.

Baca juga :   Perizinan "Online" Permudah Usaha Ekspor

Ketiga, asset perusahaan yang dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawan dalam melaksanakan aktivitas bisnis seperti meeting dan event. Dan keempat, berkembangnya tren mobile woreker di era digital dimana karyawan perusahaan berkeinginan untuk dapat bekerja dari mana saja agar lebih produktif.

Bahkan riset dari Zug IWG yang mensurvei 18.000 pelaku bisnis di 96 perusahaan di seluruh dunia menyebutkan bahwa secara global 70% pelaku bisnis melakukan pekerjaan mereka secara remote setidaknya sepekan sekali dan 53% melakukannya separuh minggu.

“SpotQoe berkomitmen untuk menjadi penyedia solusi pemesanan bagi pemilik tempat dan pelaku bisnis agar semakin mudah berkolaborasi. Melalui platform kami, berbagai ruangan untuk kebutuhan event, meeting, dan bekerja, bisa dipesan sesuai kebutuhan pelaku bisnis secara mudah dan cepat. Layanan kami juga memiliki customer service yang responsif serta harga yang lebih menarik dari corporate rate,” kata Hari menegaskan.

Tren kerja secara remote didukung juga oleh penetrasi penggunaan internet dan ponsel Indonesia yang terus meningkat. We are Social pun menyebutkan setidaknya ada 132,7 juta orang melakukan aktivitas online.

Baca juga :   Koperasi Diharapkan Terjun ke E-commerce

Hari juga mengungkapkan, platform itu menyediakan akses terhadap lebih dari 2.500 ruangan di seluruh Indonesia. SpotQoe terhubung langsung dengan space hotel, restoran, maupun ruang kerja bersama. Pekerja maupun pebisnis dapat mengakses platform tersebut untuk memesan secara daring dengan cepat. “Kami menargetkan akan dapat menyediakan 3.000-5.000 ruangan hingga akhir tahun,” ujarnya.

Kehadiran SpotQoe mendapat dukungan dari Arcipelago International. Nita Janita Ekaniana Regional Marketing & Communication Manager Archipelago International yakni, platform tersebut mampu menjadi solusi bagi pihaknya dalam mendapatkan pasar yang lebih luas.

“Bagi kami, bekerja sama dengan SpotQoe akan memberikan keuntungan dari segi strategi pemasaran serta promosi. Tentunya, kami berharap melalui SpotQoe pemesanan di hotel-hotel di bawah manajemen Archipelago International juga bisa terus meningkat,” katanya.

Hal seanda juga disampaikan Maulana Yusran, Wakil Ketua Umum Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). :Dengan kehadiran SpotQoe, PHRI memiliki ekspektasi yang tinggi untuk memudahkan para pelaku bisnis yang membutuhkan ruangan dan restoran akan jauh lebih mudah dan cepat,” ucapnya.

Baca juga :   Bukalapak, Dukung Kemajuan Produk Kreatif lokal

STEVY WIDIA