Startup Artificial Intelligence Raih Pendanaan Seri A

Founder Element.Inc. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tren Artificial Intelligence (AI) segera tiba. Untuk itu sejumlah pihak mulai ambil ancang-ancang termasuk berinvestasi ke startup Artificial Intelligence (AI). Baru-baru ini Element Inc mengumumkan perolehan dana Seri A sebesar $12 juta atau sekitar Rp171 miliar.

Pendanaan ini dipimpin oleh GDP Venture dan PTB Ventures. Turut berpartisipasi dalam pendanaan ini sejumlah korporasi ternama Indonesia, yaitu BCA (melalui perusahaan investasi Central Capital Ventura), BRI (melalui unit investasinya), Telkom Indonesia (melalui MDI Ventures), dan Maloekoe Ventures yang bermitra dengan Ayala Corporation (Filipina).

Element Inc adalah startup yang mengembangkan dan mendistribusikan platform software berbasis mobile yang menciptakan identitas biometric. Didirikan oleh Adam Perold seorang desainer produk lulusan Stanford dan Yann LeCun peneliti machine learning kenamaan di Amerika Serikat. Bahkan LeCun adalah Profesor di NYU dan pernah menjabat sebagai Direktur Facebook AI Research.

Perusahaan ini memproduksi solusi biometrik dari hulu ke hilir yang banyak digunakan untuk membangun platform imunisasi global. Hal ini memungkinkan diagnosis awal, memberikan sumber identitas untuk penyedia jasa kesehatan, dan mendorong akses terhadap layanan finansial.
Menggunakan teknologi Element Inc yang tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, identitas seseorang (pengenalan wajah, sidik jari, dan lain-lain) akan lebih mudah disimpan dan digunakan. Hal ini dapat mengubah bagaimana berbagai layanan, termasuk perbankan dan kesehatan, mengelola data konsumennya.

Baca juga :   Ini Daftar Bos Startup Yang Paling Populer di 2017

“Misi kami di Element adalah untuk memberikan identitas pada miliaran orang yang membutuhkannya. Kami ingin membangun masyarakat yang lebih efisien dan inklusif. Saat ini, kesempatan untuk melakukan transformasi digital di Asia dan Afrika sangatlah menarik. Kami merasa terhormat bisa bergabung dengan perusahaan-perusahaan mitra kelas dunia ini,” kata Adam Perold Co-Founder dan CEO Element Inc dalam keterangan resmi, Kamis (12/4/2018) di Jakarta. Di Indonesia Element Inc telah membangun operasionalnya dengan merekrut Rizki Suluh Adi sebagai Head of Indonesia.

Managing Member PTB Ventures David Fields dan CTO GDP Venture On Lee akan bergabung di dewan direksi Element Inc. Investor Pandu Sjahrir juga melanjutkan investasinya di putaran kali ini.

“GDP selalu terbuka untuk melakukan investment global yang dapat memberikan dampak besar terhadap pembangunan Indonesia, negara yang memiliki populasi keempat terbesar di dunia. Dengan berinvestasi di element inc, kami melihat adanya kesempatan untuk memajukan teknologi Artificial Intelligence khususnya keamanan identitas digital yang bisa diterapkan di berbagai bidang di Indonesia,” kata Martin Hartono CEO GDP Venture dalam keterangannya baru-baru ini.

Baca juga :   Google Gelar Demo Day Asia

“Setelah bertahun-tahun beroperasi, kami telah memantau perusahaan-perusahaan ternama yang menggunakan Artificial Intelligence di Asia, Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Teknologi end-to-end AI yang diproduksi oleh Element untuk penggunaan mobile dan cloud sangatlah unik,” CTO GDP Venture On Lee menambahkan.

Sementara itu Director of Digital & Strategic Portfolio Telkom Indonesia David Bangun mengatakan, saat ini, Telkom memiliki 180 juta pelanggan seluler serta unit bisnis yang menyediakan infrastruktur TI berskala nasional, termasuk layanan cloud, solusi broadband dan security. “Bermitra dengan Element, kami melihat banyaknya peluang kolaborasi yang akan memberikan sejumlah manfaat bagi pelanggan kami dalam skala besar,” ungkapnya.

STEVY WIDIA