Teladan : Program Menggadang Pemimpin Masa Depan

Tanoto Foundation. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Tanoto Foundation menggelar program pengembangan kepemimpinan yang dirancang untuk membekali generasi pemuda jadi pemimpin masa depan Indonesia. Sasaran program Teladan ini adalah mahasiswa semester pertama dari perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation yang memiliki kemampuan, prestasi dan potensi menjadi pemimpin yang cakap, dan bertanggungjawab.

J. Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation, mengungkapkan program “Teladan” telah menjadi salah satu bagian penting program Tanoto Foundation dalam melahirkan sosok pemimpin yang di harapkan termasuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

“Melalui program ini kami memberikan kesempatan kepada mahasiswa berpreatasi untuk mengembangkan potensinya melalui beasiswa, mendorong mereka untuk aktif menjalankan kegiatan sosial juga memberikan study ke luar negeri. Peserta program Teladan atau yang disebuy Tanoto Scholars juga akan memberikan pelatihan pengembangan kepemimpinan berjenjang sejak tahun pertama kuliah hingga lulus dan memasuki dunia kerja,” jelas Satrijo pada Kamis (6/9/2018) di Hotel Kempinsky Jakarta.

Pendaftaran program ini telah dimulai 5-30 September 2018. Program ini mendapat dukungan dari pemerintah. Faisal Abdullah Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olahraga RI menuturkan, generasi muda Indonesia membutuhkan lebih dari sekedar pendidikan formal, namun disertai dengan nilai-nilai formal positif yang dapat mendorong mereka menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Baca juga :   Kapal Makara Milik UI Peringkat Lima Dunia

“Kami sangat mengapresiasi program ini sebagai wadah untuk mengembleng generasi musa menjadi calon pemimpin yang unggul dan berkompeten. Apalagi saat ini, kita punya pemimpin yang memiliki integritas, jiwa kewirausahaan, berwawasan dan peduli terhadapt rakyatnya kami ingin mencetak orang-orang seperti itu,” kata Faisal.

Manfaat dari penerima program Teladan ini antara lain biaya kuliah dan uang saku sepanjang masa kuliah, program pengembangan kepemimpinan yang berjenjang yang dimulai dari tahun pertama hingga kuliah dan memasuki dunia kerja. Kesempatan mengikuti program studi ke luar negeri serta dukungan untuj menjalankan kegiatan sosial.

Perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation adalah Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Riau dan Universitas Andalas.

 

FAHRUL ANWAR