Telkom Craft 2017, Tingkatkan Kualitas Produk UKM Dengan Digital

Pembukaan Telkom Craft lndonesia 2017oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, Kepala Bekraf Triawan Munaf, serta para direksi BUMN. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

youngster.id - PT Telekomunikasi lndonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Pameran Telkom Craft lndonesia 2017. Dengan tema Local Heroes to Global Champions, ajang ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di lndonesia dengan teknologi digital.

Pameran yang berlangsung 10-12 Maret 2017 ini dibuka secara resmi oleh Menteri BUMN Rini M. Soemarno bersama dengan Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga. Acara ini disaksikan juga oleh para direksi BUMN.

“Melalui RKB kehadiran BUMN benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya oleh para pelaku UMKM. Apresiasi patut diberikan kepada Telkom yang menginisiasi event ini, sebagai implementasi RKB dalam memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk memperoleh akses pasar lebih luas melalui kegiatan pameran dan digitalisasi bisnis,” kata Menteri Rini pada pembukaan Pameran Telkom Craft Indonesia 2017 Jumat (10/3/2017) di Hall A, Jakarta Convention Center, Jakarta.

Sementara itu, Alex J. Sinaga menegaskan Telkom telah berperan dalam mendukung digitalisasi UMKM. Menurutnya, pada era serba digital ini, UMKM memiliki potensi besar untuk menjadi penggerak digital economy ecosystem di lndonesia.

“Telkom mengambil peran sebagai enabler atau fasilitator untuk membangun masyarakat digital lndonesia. Salah satunya dukungan bagi para pelaku UMKM melalui RKB, dimana Telkom memberikan bimbingan dan pendampingan pemanfaatan ICT dalam operasional bisnis UMKM,” jelas Alex.

Telkom Craft Indonesia menghadirkan 126 UMKM terpilih dari total 125 ribu UMKM binaan Telkom di seluruh Indonesia serta mitra binaan BUMN lain, yang terdiri dari tiga kategori yakni Craft, Fashion dan Food. Para pelaku UMKM dibina agar memperoleh access to competence, commerce, dan capital.

Pada kesempatan ini, selain menghadirkan produk-produk UMKM terpilih, terdapat juga talk show, konsultasi bisnis, fashion show, fashion tutorial dan penampilan menarik lainnya. Selain itu, sebagai pameran UMKM digital pertama di indonesia dalam event ini pengunjung diajak untuk bertransaksi secara digital menggunakan t-cash dan blanja.com.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari operasionalisasi dalam membina UKM Indonesia dari Rumah Kreatif BUMN (RKB). Melalui kegiatan ini Telkom turut mengambil peran sebagai enabler ata fasilitator untuk membangun masyarakat digital Indonesia salah satunya memberikan dukungan bagi para pelaku UKM, ” ungkap Alex lagi.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Telkom Indonesia turut menyediakan bagi para pelaku UKM dalam memperoleh akses dalam termasuk bantuan untuk memperoleh pasar.

“Jadi selain memberikan bimbingan kami juga memberikan bantuan kepada ukm dalam memperoleh pasar, termasuk memberikan pendampingan pemanfaatan ICT dalam operasional bisnis UMKM, ” jelasnya.

Alex berharap dengan digelarnya pameran ini kedepan UMKM dalam negeri bisa mampu bersaing dan maju ke pasar global sesuai tema pameran yakni Local Heroes to Global Champions.

“Yang jelas dengan hadirnya Telkom Craft Indonesia 2017 ini sebagai langkah para BUMN atas program Nawacita pemerintah untuk membangun dan meningkatkan UMKM dan daya saing dipasar internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengsn menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, ” tuntasnya.

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version