youngster.id - Upaya mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memanfaatkan teknologi digital terus dilakukan banyak pihak. Bahkan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui Divisi Business Service (DBS) yang berhasil menjadikan 3 juta pelaku UKM Goes Digital sepanjang 2016 lalu.
“Tahun 2015, Telkom DBS berhasil membawa sejuta UKM Goes Digital. Prestasi itu menandakan kami bisa melompat lebih tinggi. Tahun 2016, kami berhasil jadikan 3 juta pelaku UKM Goes Digital,” kata Adrian Sani Harahap GM Micro Business Telkom DBS dalam siaran persnya Kamis (12/1/2016).
Menurut dia, secara geografis para pelaku UKM asal DKI Jakarta yang cepat mengadopsi platform digital yang disediakan Telkom. “Pelaku UKM dari Jakarta ada sekitar 35%, setelah itu Jawa Barat ( 12,5%), Jawa Timur, dan wilayah lainnya,” paparnya.Adapun beberapa layanan dari Telkom yang diminati pelaku UKM diantaranya fixed broadband, mobile broadband, membangun portal, hingga layanan email.
“Pencapaian ini menunjukkan Telkom sudah berjalan di jalur yang benar menggarap solusi Teknologi Informasi (TI) bagi UKM dan potensi pasarnya ada,” kata Adrian lagi.
Telkom melalui DBS sangat gencar menyasar pasar UKM. Operator pelat merah ini berhasil membuktikan dirinya sebagai pionir dalam menggarap pasar UKM tersebut. Berbagai program yang diluncurkan sejak tahun 2015 diantaranya Gerakan Bina Aspirasi Gerakan Sejuta UKM Seluruh Indonesia (BAGUS Indonesia). Dilanjutkan dengan program membangun Kampung UKM Digital dan Kampung Nelayan Digital, serta ratusan Sentra Bisnis.
Sabri Rasyid SM Marketing Telkom DBS mengatakan, salah satu platform mendorong UKM Goes digital adalah portal www.smartbisnis.co.id. “Dari sisi produk, Telkom juga gencar meluncurkan berbagai inovasi produk dan solusi khusus buat UKM, mulai dari Star Connect untuk layanan Konektifitas High Speed Internet dan yang terakhir STAR Box. Tahun ini kita juga akan rilis beberapa produk agar bisa bersaing di pasar,” tutupnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post