The Digital Talent Scholarship 2018, Upaya Dorong Keterampilan Digital

Microsoft Indonesia mendukung Kominfo dalam program Digital Talent Scholarship. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Keterampilan digital sangat penting untuk meningkatkan perekonomian. Bisnis-bisnis yang tidak menggunakan keterampilan ini akan tertinggal. Dengan memahami kebutuhan ini, Microsoft bekerja sama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika untuk menciptakan #StartUpNation.

“Di dunia baru yang didorong oleh teknologi ini, semua generasi muda harus memiliki kesempatan untuk meningkatkan kreativitas, cara berpikir kritis, dan keterampilan menyelesaikan masalah dengan belajar ilmu komputer. Pendorong utama dalam proses ini adalah pendidik. Microsoft ingin memberdayakan setiap orang dan organisasi, termasuk para pendidik dan peserta didik di dunia untuk mencapai lebih banyak hal,” jelas Haris Izmee, Direktur Utama Microsoft Indonesia dalam keterangannya, Senin (23/9/2018) di Jakarta.

Menurut dia, dengan menggunakan teknologi untuk memanfaatkan semangat keriwausahaan dan sumber daya manusia kreatif di Indonesia. Didukung dengan sertifikat keahlian dari Microsoft Indonesia, The Digital Talent Scholarship 2018 akan berfokus untuk mencapai dua tujuan: pengembangan keterampilan tenaga kerja dan generasi muda sebagai bukti masa depan.

“Bersama Kementrian Komunikasi dan Informasi, kami menyusun kurikulum untuk pelatihan ini, berfokus pada keterampilan yang paling mendasar yang sangat penting untuk dibagikan kepada para peserta mulai dari keterampilan teknis, kesiapan berkarir, dan pertumbuhan pola pikir. Kami percaya bahwa empat aspek terpenting untuk fokus pada pelatihan ini adalah keamanan siber, data science, administrasi server cloud dan kecerdasan buatan,” papar Haris lagi.

Baca juga :   Bank OCBC NISP Lakukan Transformasi Digital

Digital Talent Scholarship merupakan program beasiswa pelatihan intensif yang diberikan bagi 1.000 orang, Program ini diselenggarakan Badan Litbang SDM Kominfo, berkolaborasi dengan lima universitas unggulan tanah air, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Semarang (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indoensia (UI), dan Universitas Padjajdaran (Unpad).

“Kominfo melihat perlunya mendorong kualitas generasi muda di Iima bidang yang paling dibutuhkan perekrut tenaga kerja dewasa ini. Tema-tema pelatihan yang ditawarkan di antaranya adalah: Cybersecurity, Cloud Computing, Big Data Analytics, Artificial intelligence, dan Digital Business,” kata Menkominfo Rudiantara.

Peluang beasiswa pelatihan intensif ini tersedia untuk 1.000 orang untuk bidang yang dibutuhkan dalam transformasi digital Indonesia. Program ini rencananya dikembangkan untuk menjangkau 20.000 orang pada tahun 2019. Pendaftaran sudah dapat diakses hari ini, 17 September 2018, pukul 12.00 WIB dan akan ditutup pada 5 Oktober 2018.

 

STEVY WIDIA