Tim Binus Juara Nasional ADSE 2018

Para pemenang Kompetisi ADSE yang digelar di UI. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Asean Foundation dan SAP kembali mengadakan kompetisi Asean Data Science Explorer (ADSE). Kali ini terpilih Tim OWL dari Universinas Bina Nusantara (Binus) sebagai juara tingkat nasional.

ADSE diselenggarakan di seluruh 10 negara anggota ASEAN sebagai bagian dari kemitraan strategis antara ASEAN Foundation dan SAP.

Andreas Diantoro Managing Director SAP Indonesia mengatakan, ADSE merupakan kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia. Para pemenang dipilih berdasarkan wawasan dan ide-ide inovatif mereka terkait menangani isu-isu sosial dan ekonomi di kawasan ASEAN.

“Dalam mengatasi permasalahan rumit seperti dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, anak muda Indonesia harus terbiasa dengan teknologi terbaru untuk menemukan solusi baru untuk maslaah di saat ini dan masa depan,” kata Andreas yang juga menjadi bagian dari panel juri untuk kompetisi dalam keterangannya baru-baru ini.

Kompetisi pertama kali digelar pada 2017 sebagai kompetisi data analytics yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap komunitas ASEAN di antara anak muda melalui intervensi literasi digital.

Baca juga :   KNPI Fokus Lahirkan Wirausaha Muda

Menurut dia, ADSE menjadi langkah pertama bagi anak muda untuk bekerja memecahkan masalah dunia dengan menggunakan data dan analisis yang dapat diukur secara nyata. Dia berharap kompetisi itu juga dapat mempersiapkan generasi milenial dalam menghadapi persaingan ekonomi digital. “Kami bangga dapat berkolaborasi dengan Asean Foundation dalam inisiatif penting ini,” ujarnya.

Para mahasiswa yang mendaftar untuk kompetisi, memperoleh akses ke data ASEAN serta platform SAP Analytics Cloud, yang memungkinkan mereka menganalisis data dan mendapatkan wawasan.

Selain itm OWL, ada 10 finalis lainnya. Posisi runner-up pertama diraih Tim Gray Matters, dan runner-up kedua diperoleh Tim Ganesha. Kedua tim runner-up berasal dari Institut Teknologi Bandung.

Dari 11 finalis, hanya juara pertama yang melanjutkan kompetisi ke Babak Final Tingkat Regional yang akan berlangsung pada 25 Oktober 2018 di Singapura, di mana mereka akan menghadapi pemenang teratas dari putaran Babak Final Tingkat Nasional lainnya.

 

STEVY WIDIA