Tim Indonesia Jadi Finalis Microsoft Imagine Cup Tingkat Dunia

Haris Izmee, Direktur Utama Microsoft Indonesia (kiri) dan Tim BeeHive Drone. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tim Beehive Drone asal University of Manchester dari Indonesia, menjadi salah satu tim finalis kompetisi dunia Imagine Cup 2018 di Seattle, Amerika Serikat.

“Kami sangat senang Tim BeeHive Drone dapat menjadi salah satu finalis dari Asia Pasifik yang akan berlaga di Final Dunia Imagine Cup 2018. Mereka telah menciptakan solusi inovatif dengan teknologi drone mereka,” kata Haris Izmee, Direktur Utama Microsoft Indonesia dalam siaran pers, Jumat (6/4/2018) di Jakarta.

Tim BeeHives dari Indonesia tampil dengan rancangan Beehive Drones Agriculture yang bertujuan untuk menerapkan teknologi drone berbasis IoT sebagai pendekatan baru untuk memecahkan salah satu masalah terbesar di dunia, yaitu peningkatan permintaan akan makanan.

Sistem drone yang koperatif dikembangkan dan dapat diakses melalui aplikasi mobile untuk membawa detail akurasi pertanian ke tangan petani.

“Sistem kami dirancang untuk melakukan analisis dan tugas pertanian, serta kemudahan penggunaan drone melalui website dan aplikasi mobile,” ungkap tim tersebut.

Microsoft juga mengumumkan tim PINE dari Malaysia sebagai pemenang final regional Asia Pasifik Imagine Cup, mengalahkan 14 tim dari berbagai negara. Mereka juga akan berlaga di final dunia Imagine Cup 2018 pada Juli mendatang.

Baca juga :   Skype for Business, Solusi Komunikasi Startup

Tim PINE merancang sebuah perangkat genggam penginderaan yang dapat membantu petani nanas secara efisien dan efektif dalam mengevaluasi tingkat kematangan sebelum panen, dan dengan cara yang tidak mengganggu. Ini karena metode tradisional yang saat ini digunakan menentukan kematangan menggunakan refraktometer, yang mengarahkan buah ke analisis destruktif. Solusi Tim PINE bertujuan untuk meminimalkan pemborosan dan membantu petani nanas memaksimalkan persentase panen yang dibawa ke pasar untuk diekspor.

Juara kedua dan ketiga dimenangkan oleh tim BeeConnex dari Thailand dan tim 7X dari Singapura. Selain itu yang lolos ke putaran dunia adalah Tim BeeConnex dari Thailand hadir dengan ide Smart Hive; sebuah perangkat IoT yang memungkinkan peternak lebah untuk memindai dan memonitor kesehatan sebuah sarang lebah.

Secara keseluruhan, tujuh tim dari Final Imagine Cup Regional Asia Pasifik dipilih untuk melanjutkan perjalanan inovasi mereka ke level selanjutnya di Final Dunia Imagine Cup. Berikut daftar lengkapnya :

1. Tim Pine (Malaysia)
2. Tim BeeConnex (Thailand)
3. Tim 7X (Singapura)
4. Tim Beehive Drone (Indonesia)
5. Tim Classum (Korea)
6. Tim En#22.45km (Korea)
7. Tim SochWare (Nepal)

Baca juga :   Notebook 2 in 1 Cocok Untuk Usaha Mikro

 

STEVY WIDIA