Tingkatkan Sistem Pembayaran Domestik, BCA Luncurkan Kartu Paspor BCA GPN

Guna mendukung ekosistem sIstem pembayaran di dalam negeri yang saling terkoneksi, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan kartu debit Paspor BCA GPN di Jakarta, Senin (16/4/2018). (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

youngster.id - Sebagai upaya mendukung ekosistem sistem pembayaran di dalam negeri yang saling terkoneksi, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan kartu debit Paspor BCA dengan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) berlogo Garuda. 

Menurut Santoso, Direktur BCA, peluncuran kartu paspor BCA GPN merupakan wujud komitmen BCA mendukung pemerintah mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional demi terciptanya efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat kemandirian sistem pembayaran nasional.

“Melalui peluncuran kartu Paspor BCA GPN ini merupakan wujud komitmen BCA untuk mendukung pemerintah. Semua bank ikut meng-issued kartu ini, jadi inilah lahirnya logo garuda. Indonesia atas inisiatif Bank Indonesia (BI) mampu meng-issued kartu untuk semua bank,” ujar Santoso, di acara peluncuran Kartu Paspor BCA GPN di Menara BCA Kawasan Thamrin Jakarta, Senin (16/4/2018).

Kartu Paspor BCA PGN ini, lanjut Santoso, akan menjadi alat pembayaran nasional yang bisa berfungsi di semua bank Indonesia. BCA sendiri, diklaim sudah siap dengan teknologi mesinnya. Selain itu, kartu ini juga sudah menggunakan standar nasional teknologi kartu chip, sehingga dapat menambah keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di dalam negeri.

Baca juga :   Presiden Jokowi: Politeknik Indonesia Agar Contoh Jerman

“Inisiatif ini membuktikan bangsa Indonesia juga mampu menciptakan sistem pembayaran yang interoperable. Kami berharap impact-nya bukan hanya kartu tetapi banyak juga fasilitas lainnya seperti elektronik chanel. Dari situ kami akan lebih mengembangkannya,” jelasnya.

Kartu Paspor BCA GPN ini akan tersedia di kantor cabang BCA Jabodetabek secara bertahap mulai 16 April 2018. Pada tahap awal kartu ini dapat diperoleh nasabah dengan mengganti kartu lamanya.

“Hingga akhir tahun 2018, kami berencana untuk menerbitkan 2 juta kartu paspor BCA GPN. Ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi kalangan masyarakat, namun juga kepada pelaku industri dan merchant,” tukas Santoso.