Tips Memilih Password yang Aman

Transaksi non-tunai membutuhkan password. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

youngster.id - Menurut studi terbaru Mastercard, rata-rata orang perkotaan akan memiliki sepuluh akun, perangkat atau aplikasi yang berbeda. Tapi, ternyata hanya 16% di antara kita mengatakan tidak pernah lupa terhadap password yang dimiliki.

Sementara itu, rata-rata orang-orang membutuhkan sekitar 11 menit untuk melakukan reset terhadap password yang mereka lupa yang biasanya terjadi lebih dari lima kali per bulan. Hal ini mengartikan bahwa setiap minggunya kita bisa kehilangan lebih dari 15 menit, atau lebih dari 13 jam per tahunnya. Itu berarti 84 persen lainnya sering lupa terhadap password dan harus mengganti password beberapa kali.

Memang menjadi sebuah tantangan untuk mengingat begitu banyak password yang kita miliki, yang membuat kita sering menggunakan password yang sama untuk sejumlah akun kita. Hanya tiga di antara lima orang yang menggunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Namun, penggunaan password yang sama untuk beberapa akun yang berbeda akan menjadi sebuah masalah apabila seseorang mengetahui salah satu password kita, yang kemudian akan memungkinkan orang tersebut untuk mengakses sejumlah perangkat dan akun online kita.

Baca juga :   DBS Rangkul Startup Fintech Di Asia

Selain itu, data mengungkapkan bahwa seperlima dari masyarakat menggunakan tanggal ulang tahun mereka, 18% menggunakan nama hewan peliharaan mereka, dan 12% menggunakan nama keluarga mereka sebagai kata sandi. Password-password ini relatif mudah ditebak oleh para hacker sehingga mereka juga dapat dengan mudah mendapatkan akses ke informasi pribadi Anda.

Masa depan dari keamanan online merupakan penggunaan biometrik yang akan membantu menjaga informasi personal secara aman tanpa membutuhkan password. Sebagai contoh, fingerprint kini telah banyak digunakan untuk melakukan konfirmasi terhadap identitas Anda ketika melakukan pembayaran melalui smartphone.

Namun, teknologi pembayaran tersebut belum dapat tersedia untuk setiap orang. Namun berikut ini ada beberapa tips untuk memilih dan menggunakan password yang lebih aman :

1. Selalu gunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter lainnya, seperti tanda seru (!).
2. Buat password dalam rangkaian karakter yang panjang, paling tidak delapan karakter. Namun, idealnya enam belas karakter.
3. Sebaiknya tidak gunakan nama, lokasi, nomor telepon ataupun tanggal ulang tahun.
4. Gunakan campuran karakter huruf besar dan huruf kecil.
5. Jangan gunakan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Mayoritas hacker memiliki asumsi bahwa password ditulis dalam Bahasa Inggris.
6. Jangan biarkan situs-situs yang digunakan untuk mengingat password.
7. Gunakan password yang berbeda untuk situs dan perangkat yang berbeda.

Baca juga :   Kemenkominfo Beri 20.000 Beasiswa ke Anak Muda

STEVY WIDIA