Tips Mengelola Uang THR Agar Tidak Ludes

Belanja dengan bijaksana. (Foto: istimewa)

youngster.id - Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan, baik pegawai negeri maupun swasta akan dicairkan pada pekan depan. THR diberikan guna membantu masyarakat untuk membeli kebutuhan di hari raya. Namun, hendaknya Anda tetap bijak dalam memilah antara kebutuhan dan keinginan.


Berikut beberapa tips agar THR tak lenyap dalam sekejap:

1. Alokasikan dengan bijak Tahun ini, sebagian besar karyawan di Indonesia akan menerima THR hampir bersamaan dengan gaji bulanan. Sebelum mulai membelanjakannya, buat alokasi dana yang akan digunakan untuk lebaran. Berapa persen dari gaji dan THR yang akan Anda dapatkan untuk membeli kebutuhan mudik dan bersilaturahmi, dan berapa persen yang akan ditabung.

2. Zakat dan Donasi Agar THR Anda berkah, gunakan sebagian dari THR yang Anda dapatkan untuk berdonasi. Bulan Ramadan juga saat yang tepat untuk menunaikan zakat fitrah dan zakal maal. Saat ini banyak channel yang bisa Anda manfaatkan untuk berdonasi, mulai dari platform offline hingga online.

3. Manfaatkan Promo dari Peretail dan e-Commerce Jika Anda memiliki daftar panjang barang yang harus dibeli untuk lebaran, namun tidak mau mengeluarkan terlalu banyak uang untuk belanja, Anda bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh peretail dan platform e-commerce.

Baca juga :   EKI Dance Company Menggelar EKI Update v.2.1

4. Modifikasi Perlengkapan Lebaran Tahun Lalu Lebaran tidak harus menggunakan baju atau barang-barang baru. Anda masih bisa tampil modis dan stylist dengan memanfaatkan baju lebaran tahun lalu. Agar terlihat beda, Anda bisa memadupadankan dengan aksesoris unik yang sesuai dengan kepribadian Anda. Selain baju, Anda juga bisa bisa memodifikasi toples kue dengan menambahkan aksen pita atau pernak-pernik lainnya agar terlihat lebih kekinian.

5. Investasi Agar menghindari dari sifat impulsif saat menerima bonus THR serta menjaga agar THR tersebut tetap utuh, cobalah untuk berinvestasi dengan skala kecil. Misalnya dengan melakukan investasi emas atau buka tabungan deposito dari sabahagian bonus THR yang diterima.

STEVY WIDIA