youngster.id - Tokopedia membuka TokoCabang di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Ini adalah jaringan gudang pintar yang bertujuan untuk membantu para penjual di marketplace tersebut dalam memenuhi pesanannya.
Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengatakan, mitra penjual Tokopedia bisa menitipkan stok produknya di fasilitas gudang TokoCabang. Fasilitas tersebut juga dilengkapi dengan teknologi pendukung logistik yang mumpuni.
“Kami juga akan membantu menangani pesanan yang masuk, mengemas pesanan, hingga menyerahkannya ke kurir pengiriman,” ujar Erwin dalam siaran pers, Rabu (22/2/2019) di Jakarta.
Erwin juga menyatakan, jaringan
TokoCabang akan dikembangkan ke kota-kota lainnya hingga menjangkau seluruh
penjuru di Indonesia. Dengan begitu, penjual akan lebih mudah memenuhi pesanan
terutama di musim ramai seperti di bulan Ramadan.
Saat ini penjual bisa memanfaatkan layanan TokoCabang secara gratis selama 30
hari, kemudian membayar biaya jasa layanan sebesar Rp 3.000 untuk setiap barang
yang terjual. Menurutnya, keberadaan TokoCabang memungkinkan penjual di
Tokopedia menjangkau lebih banyak pembeli.
Menurut Erwin, dengan layanan pemenuhan pesanan tersebut, pemilik toko kini tidak perlu lagi khawatir memikirkan isu operasional pemenuhan pesanan, apalagi ketika menghadapi kenaikan pesanan.
Ia optimistis layanan TokoCabang akan membantu siapapun untuk bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah. “Hal ini membuat kami selangkah lebih dekat dalam mewujudkan misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital,” ujarnya.
Ke depannya, Tokopedia akan mengembangkan teknologi analitik yang dapat memberikan informasi yang lebih kepada penjual untuk menempatkan stok barang di lokasi yang permintaannya sedang tinggi.
“Dengan adanya TokoCabang memungkinkan pembeli di berbagai daerah di Indonesia bisa mendapatkan lebih banyak pilihan barang yang dapat diterima lebih cepat dan dengan ongkos kirim lebih murah,” ujarnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post