Tokopedia dan Bukalapak Salip Lazada pada Kuartal II 2018

William Tanuwijaya CEO Tokopedia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Persaingan e-commerce di Indonesia semakin ketat. Untuk pertama kalinya, dua marketplace lokal, yakni Tokopedia dan Bukalapak berhasil menggeser posisi e-commerce asing Lazada dalam hal jumlah pengunjung pada kuartal II 2018.

Ini merupakan hasil riset dari iPrice yang melakukan analisis berdasarkan SimilarWeb sepanjang April-Juni 2018. Bahkan, Tokopedia menjadi satu-satunya marketplace yang melampaui angka 100 juta pengunjung per bulan.

“Tokopedia menunjukkan performa trafik yang mengagumkan dengan jumlah pengunjung rata-rata bulanan tertinggi di kuartal II 2018,” kata Senior Content Marketer iPrice Indah Mustikasari dalam keterangannya baru-baru ini.

Jika dicermati Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang paling gencar berpromosi saat Ramadan. Program Ramadan Extra pada Mei 2018 bahkan disebut-sebut membuat jumlah kunjungan ke Tokopedia mengalahkan aplikasi WhatsApp dan Instagram.

Sebaliknya, peringkat trafik Lazada yang menurut iPrice menurun ke posisi ketiga merupakan hal yang patut dicermati. Sebab, Lazada selalu berada di posisi puncak daftar toko online paling ramai Indonesia selama 5 kuartal berturut-turut sejak peta e-commerce iPrice dibuat.

Baca juga :   Inilah Pemenang Digital Challenge 2017

Tetapi Lazada yang mendapat dukungan modal Alibaba masih merajai peta persaingan e-commerce di Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Semantara di Singapura, Lazada menduduki peringkat kedua setelah Qoo10.

iPrice Group adalah platform pencari yang beroperasi di tujuh negara Asia Tenggara. Platform ini menyediakan fitur utama perbandingan harga terhadap produk-produk e-commerce yang bekerja sama, seperti fashion, elektronik, produk kecantikan, alat rumah tangga, hingga kupon diskon.

Berikut laporan dari iPrice mengenai komposisi pengunjung e-commerce di Indonesia :

1. Tokopedia dengan jumlah rerata pengunjung 111.48 4.100/bulan
2. Bukalapak dengan jumlah rerata pengunjung 85.138.900/bulan
3. Lazada dengan jumlah rerata pengunjung 49.990.700/bulan
4. Shopee dengan jumlah rerata pengunjung 30.843.400/bulan
5. Blibli dengan jumlah rerata pengunjung 29.044.100/bulan

 

STEVY WIDIA