Tokopedia: Jumlah Transaksi di Luar Pulau Jawa Meningkat 66%

Peresmian Tokopedia Center. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Tokopedia terus mengalami peningkatan dalam setahun terakhir ini. Menariknya lagi, jumlah transaksi di luar pulau Jawa pun semakin terlihat meningkat. Untuk itu startup unicorn ini akan terus mengembangkan ekosistem.

“Memasuki tahun ke-10, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline. Dengan evolusi ini, kami ingin mempercepat pencapaian misi kami dalam pemerataan ekonomi secara digital,” ungkap Priscilla Anais, CEO Office Manager Tokopedia dalam keterangannya, Rabu (9/1/2019) di Jakarta.

Menurut dia, peningkatan itu sebesar 66% dari tahun sebelumnya. Hal itu lantaran Tokopedia sudah menjangkau 93%kecamatan di seluruh Indonesia. Selain itu, Gross Merchandise Value (GMV) Tokopedia meningkat pesat hingga 4 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
Maka itu memasuki tahun ke-10 e-commerce ini akan terus mengembangkan ekosistem di dalam platformnya tersebut.

Termasuk dalam produk digital. Total penjualan saldo E-Money di Tokopedia tercatat cukup tinggi hingga bisa digunakan untuk melintasi tol Jakarta – Surabaya sebanyak 120.000 kali.

Baca juga :   Kompetisi ASEAN Data Science Explorers 2018: Tantang Mahasiswa Suarakan Isu Kawasan

Sementara itu, dari kategori hobi dan gaya hidup, tercatat total penjualan saldo M-Tix di Tokopedia dapat digunakan untuk membeli tiket bioskop bagi 5 kali jumlah penduduk kota Padang dan total stiker yang terjual di Tokopedia setara dengan 2 kali total penduduk kota Surabaya. Selain itu, pupuk yang terjual di Tokopedia dapat digunakan untuk menyuburkan lahan seluas 7 kali kota Medan.

“Tokopedia hadir untuk menciptakan peluang dan membantu masyarakat untuk mendapatkan lebih. Dengan misi pemerataan ekonomi di Indonesia secara digital, Tokopedia mempermudah hidup penggunanya, membantu mereka mencapai tujuan dan juga mendukung pembangunan Indonesia dalam mencapai perekonomian yang lebih inklusif,” pungkas Priscilla.

STEVY WIDIA